Kristanti, Lia Dwi (2015) Hubungan antara partisipasi dalam pendidikan dan pelatihan (Diklat) dan Kelompok Kerja Kepala Sekolah (KKKS) dengan kinerja kepala sekolah di Sekolah Dasar Negeri Se-Kota Blitar / Lia Dwi Kristanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Kristanti LiaDwi. 2015. Hubungan antaraPartisipasidalamPendidikandanPelatihan (Diklat) danKelompokKerjaKepalaSekolah (KKKS) denganKinerjaKepala SDN se-Kota Blitar. Skripsi Jurusan AdministrasiPendidikan FakultasIlmuPendidikan UniversitasNegeri Malang. Pembimbing (1) Dra. DjumDjum Noor Benty M.Pd (II) WildanZulkarnain S.Pd M.Pd. Kata kunci partisipasi pendidikandanpelatihan kelompokkerjakepalasekolah kinerja Kepalasekolahmerupakanseseorang yang berperanpenting di sekolah darisinidapatdisimpulkanbahwaapa yang dikerjakankepalasekolahakansangatberpengaruhterhadapkualitassuatusekolah sehinggakinerjakepalasekolahharusdapatmenciptakansituasiorganisasi yang efektif. Kualitaskinerjakepalasekolahsangatditentukandaritugas yang dilakukandalammengeloladanmemimpinsuatusekolah.Terdapatbeberapacara yang dilakukanuntukmeningkatkankinerjapegawai antara lain dengan berpartisipasi dalam kegiatan pendidikan dan pelatihan (diklat) dan kegiatan Kelompok Kerja Kepala Sekolah (KKKS). Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) mengetahui seberapa tingkatpartisipasidalam pendidikan dan pelatihan (diklat) Kepala SDN se-Kota Blitar (2) mengetahui seberapa tingkat partisipasidalam Kelompok Kerja Kepala Sekolah (KKKS) Kepala SDN se-Kota Blitar (3) mengetahui seberapa tingkat kinerja Kepala SDN se-Kota Blitar (4) mengetahui hubungan antara tingkat partisipasi dalam pendidikan dan pelatihan (diklat) dengan kinerja Kepala SDN se-Kota Blitar (5) mengetahui hubungan antara tingkat partisipasidalamKelompok Kerja Kepala Sekolah (KKKS) dengan kinerja Kepala SDN se-Kota Blitar serta (6) mengetahui hubungan antara partisipasi dalam pendidikan dan pelatihan (diklat) dan Kelompok Kerja Kepala Sekolah (KKKS) dengan kinerja Kepala SDN se-Kota Blitar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan rancangan penelitian deskriptif korelasional. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik angket. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah Kepala SDN se-Kota Blitar. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif dan korelasi. Kesimpulan penelitian ini adalah (1) tingkat partisipasi dalam pendidikan dan pelatihan kepala SDN se- Kota Blitar termasuk dalam kategori sangat rendah yang ditunjukkan oleh frekuensi partisipasi pendidikan dan pelatihan (diklat) pada tingkat nasional frekuensi partisipasi pendidikan dan pelatihan (diklat) teknis serta alokasi waktu pendidikan dan pelatihan (diklat) teknis (2) tingkat partisipasi dalam Kelompok Kerja Kepala Sekolah (KKKS) kepala SDN se-Kota Blitar termasuk dalam kategori tinggi yang ditunjukkan dengan kehadiran kepala sekolah setiap mendapat undangan kegiatan KKKS sikap menghargai pendapat sesama kepala sekolah pada saat diskusi sikap membantu sesama kepala sekolah dalam kegiatan KKKS dan keaktifan kepala sekolah memberikan masukan dalam menyelesaikan masalah-masalah yang ditemui di sekolah (3) tingkat kinerja kepala SDN se-Kota Blitar termasuk dalam kategori sangat baik yang ditunjukkan dalam merumuskan visi dan misi sekolah sesuai dengan kebutuhan dan tuntutan persaingan global merumuskan rencana tahunan sekolah menempatkan guru dan tenaga kependidikan sesuai dengan kompetensinya menyiapkan Anggaran Pendapatan dan Belanja Sekolah (APBS) secara transparan dan menciptakan iklim sekolah yang kondusif-akademis (4) tidak ada hubungan yang signifikan antara tingkat partisipasi dalam pendidikan dan pelatihan (diklat) dengan kinerja Kepala SDN se-Kota Blitar (5) ada hubungan yang signifikan antara partisipasi dalam KKKS dengan kinerja Kepala SDN se-Kota Blitar (6) ada hubungan yang signifikan antara partisipasi dalam pendidikan dan pelatihan (diklat) dan KKKS dengan kinerja Kepala SDN se-Kota Blitar. Berdasarkan hasil penelitian ini maka disarankan kepada (1) Kepala Dinas Pendidikan diharapkan lebih rutin mengevaluasi mutu atau kualitas pendidikan dan pelatihan (diklat) selain itu Kepala Dinas Pendidikan juga tetap mengawasi kinerja kepala sekolah dan kegiatan KKKS yang diadakan oleh kepala sekolah dalam satu gugus (2) Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pendidikan Dasar tingkat Kecamatan diharapkan untuk lebih mengawasi dan mengevaluasi kinerja kepala sekolah dan kegiatan KKKS dalam satu gugus guna untuk menunjang dan meningkatkan kompetensi dan kinerja kepala sekolah (3) Kepala SDN se-Kota Blitar diharapkan meningkatkan partisipasinya dalam pendidikan dan pelatihan guna untuk menambah wawasan dan pengetahuan terkait perkembangan didunia pendidikan. Selain itu partisipasi dalam KKKS juga lebih ditingkatkan baik dari kehadiran keaktifan dan sikap dalam kegiatan KKKS (4) Ketua Jurusan Administrasi Pendidikan diharapkan tidak hanya sebagai bahan bacaan yang dapat dijadikan referensi melainkan juga sebagai bahan acuan untuk penelitian yang sejenis di masa yang akan datang (5) Peneliti lain diharapkan dapat dimanfaatkan sebagai bahan rujukan untuk mengadakan penelitian yang lebih mendalam tentang faktor lain yang dapat mempengaruhi kinerja kepala sekolah dan sebagai bahan perbandingan antara teori dan kenyataan dilapangan. Selainitu diharapkanpenelitianinidapatdigunakansebagaibahanacuandalampenelitiantentangkinerjakepalasekolah tentunyadenganmenggunakanteknikdaninstrumen yang lebihbaik.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 09 Jul 2015 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2015 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/3692 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |