Implementasi peran kepala Taman Kanak-Kanak (TK) dalam meningkatkan kinerja guru pada TK Zamzam di Kota Malang / Graita Novi Anggraeni

Anggraeni, Graita Novi (2015) Implementasi peran kepala Taman Kanak-Kanak (TK) dalam meningkatkan kinerja guru pada TK Zamzam di Kota Malang / Graita Novi Anggraeni. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Anggraeni, Graita Novi. 2015. Implementasi Peran Kepala Taman Kanak-Kanak (TK) dalam Meningkatkan Kinerja Guru pada TK Zamzam di Kota Malang. Skripsi, Jurusan Administrasi Pendidikan, Program Studi Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. H. Kusmintardjo, M.Pd (II) Ahmad Nurabadi, S.Pd, M.Pd Kata kunci: implementasi peran kepala sekolah, kinerja guru, pendidikan anak usia dini Kepala sekolah dapat dikatakan berhasil apabila kepala sekolah memahami dan menyadari keberadaan sekolah sebagai lembaga yang kompleks, serta mampu melaksanakan peranan kepala sekolah sebagai seseorang yang bertanggung jawab untuk memimpin dan mengendalikan sekolah. Untuk mengetahui bagaimana implementasi peran kepala TK dalam konteks penyelenggaraan pendidikan, maka peneliti melakukan studi penelitian diTK Zamzam Kota Malang. Alasan peneliti memilih TK Zamzam Kota Malang karena Zamzam menggunakan pembelajaran semi full day dan memiliki ekstrakurikuler iqro setiap hari. TK Zamzam merupakan lembaga dibawah naungan LPSD (Lembaga Pendidikan Sosial Dakwah) Zamzam Malang. memiliki 15 orang tenaga pendidik dan tenaga kependidikan yang terdiri dari 1 orang kepala sekolah, 1 orang tata usaha, 9 orang guru, 3 orang pengasuh, dan 1 orang satpam. Tenaga pendidik dan tenaga kependidikan TK Zamzam merupakan anak asuh dari yayasan, dimana pada saat ini 10 guru sedang menmpuh pendidikan S1 yang didanai oleh yayasan dengan tujuan meningkatkan kualitas tenaga pendidik, dengan kata lain guru tersebut mendapatkan beasiswa untuk menempuh pendidikan S1 PAUD, beasiswa berlaku untuk guru TK Zamzam yang belum memiliki ijazah S1 PAUD dan penerima beasiswa setidaknya sudah mengabdi di TK Zamzam selama 2 tahun. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, yang dilaksanakan dengan teknik studi kasus. Fokus penelitian ini adalah: (1)Implementasi peran kepala TK sebagai pemimpin dalam meningkatkan kinerja guru di TK Zamzam; (2) Implementasi peran kepala TK sebagai manajer dalam meningkatkan kinerja guru di TK Zamzam; (3) Implementasi peran kepala TK sebagai supervisor dalam meningkatkan kinerja guru di TK Zamzam; (4) Dukungan dan hambatan kepala TK dalam meningkatkan kinerja guru di TK Zamzam. Hasil penelitian menunjukan bahwa implementasi peran kepala TK dalam meningkatkan kinerja guru yaitu: (1) Sebagai pemimpin, kepala TK dalam menggerakan guru melalui tugas dan perintah yang diberikan, dalam mencapai visi dan misi sekolah kepala TK Zamzam bekerja sama dengan pendidik untuk meningkatkan mutu dari pendidik itu sendiri dan untuk setiap kegiatan mengacu pada visi dan misi, harus memiliki kepribadian yang baik dan mampu untuk mempengaruhi atau mendorong guru untuk dapat meningkatkan kemampuanya, menerapkangaya kepemimpinan yang berorientasi pada tugas dan berorientasi pada manusia; (2) Sebagai manajer, kepala TK memiliki kemampuan menyusun program sekolah, baik program tahunan dan program semester, mengelola tatausaha, mengelola guru, mengatur wali murid sebagai komite, mengembangkan profesi dengan cara memberikan beasiswa pendidikan S1 PAUDbagi yang belum memiliki ijazah S1 PAUD; (3) Sebagai supervisor,kepala TK membantu guru meningkatkan kinerja dengan menggunakan teknik supervisi perseorangan dan teknik kelompok, mengecek RKH, melakukan pemantaun mengenai kinerja guru, dan melakukan tindak lanjut apabila guru mengalami masalah dengan cara memberi solusi; (4) Dukungan dari yayasan berbentuk pengadaan fasilitas tidak terlalu sulit, dukungan dari guru yakni guru dapat bekerja sesuai dengan tugas masing-masing, laporan dapat selesai tepat waktu, guru men-support kepala sekolah apabila ada kegiatan dengan cara turut berpartisipasi dalam kegiatan, dukungan dari wali murid yaitu komite, komite mendukung dalam setiap puncak tema, hambatan dari yayasan, ketentuan atau keputusan yang kurang bisa diterima oleh warga sekolah dari yayasan sulit dirubah, hambatan dari guru, yakni saat guru memiliki titik jenuh sehingga kinerja guru kurang maksimal, konflik antar guru, pemahaman guru yang berbeda-beda, hambatan dari wali murid, yakni kurangnya partisipasi wali murid. Saran dalam penelitian ini ditujukan kepada Dinas Pendidikan diharapkan dapat digunakan sebagai masukan untuk mengoptimalkan kemampuan kepala TKdalam meningkatkan kinerja guru dengan cara memberikan pelatihan kepada kepala sekolah khususnya pada bidang kepemimpinan, manajer, dana supervisi. Kepada Kepala TK Zamzam Kota Malang agar dalam supervisi menyusun rencana kegiatan supervisi. Kepada Ketua Jurusan Administrasi Pendidikan diharapkan menjadi bahan referensi dan memperkaya ilmu manajemen pendidikan khususnya dalam bidang kepemimpinan, manajerial dan supervisi.Kepada peneliti lain diharapkan dapat menambah wawasan dan menjadi referensi bagi peneliti yang ingin mengembangkan ilmu manajemen pendidikan, khususnya implementasi peran kepala TK.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 09 Jul 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/3691

Actions (login required)

View Item View Item