Mahmudah, Kholifatul (2015) Partisipasi masyarakat dalam program sekolah adiwiyata mandiri (studi multisitus di SDN Pandanwangi 1 Malang dan SDN Purwantoro 1 Malang) / Kholifatul Mahmudah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Mahmudah Kholifatul. 2015. Partisipasi Masyarakat dalam Program Sekolah Adiwiyata Mandiri (Studi Multisitus di SDN Pandanwangi 1 Malang dan SDN Purwantoro 1 Malang). Skripsi Jurusan Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. H. Ahmad Yusuf Sobri S.Sos M.Pd (II) Sunarni S.Pd M.Pd. Kata Kunci partisipasi masyarakat program Adiwiyata Mandiri pendidikan lingkungan hidup Kecenderungan kehidupan dalam era globalisasi telah membawa perubahan yang berlangsung dengan cepat terutama dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi dengan segala bentuk dampaknya terutama dampak terhadap lingkungan yang tidak kondusif lagi. Oleh karena itu pemerintah melakukan salah satu program perbaikan di bidang lingkungan hidup melalui perantara sekolah. Dalam hal ini pemerintah memberikan kewenangan kepada Kementerian Lingkungan Hidup (KLH) yang bekerja sama dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) untuk mengembangkan program pendidikan lingkungan hidup pada jenjang pendidikan dasar dan menengah melalui program Adiwiyata. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mendeskripsikan upaya sekolah dalam pencapaian sekolah Adiwiyata Mandiri strategi pemberdayaan peran serta masyarakat oleh sekolah Adiwiyata Mandiri faktor pendukung pelaksanaan program sekolah Adiwiyata Mandiri berbasis partisipatif serta faktor penghambat dan solusi pelaksanaan program sekolah Adiwiyata Mandiri berbasis partisipatif.Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan penelitian multisitus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi wawancara dan dokumentasi. Data yang diperoleh dari ketiga teknik tersebut diorganisasikan ditafsirkan dan dianalisis guna menyusun temuan di lapangan. Keabsahan data dimaksudkan untuk mengecek kebenaran data dengan menggunakan teknik triangulasi yaitu triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Berdasarkan hasil paparan data di lapangan diperoleh empat temuan penelitian sebagai berikut. Pertama upaya sekolah dalam pencapaian sekolah Adiwiyata Mandiri di SDN Pandanwangi 1 Malang dan SDN Purwantoro 1 Malang melibatkan pihak intern dan ekstern sekolah. Kedua pihak tersebut memiliki kontribusi dalam pelaksanaan empat komponen Adiwiyata Mandiri yang terdiri dari kebijakan kurikulum kegiatan berbasis partisipatif dan sarana prasarana. Keempat komponen tersebut dijadikan modal untuk tahap pencapaian Adiwiyata yang dimulai dari Adiwiyata Kota Adiwiyata Provinsi Adiwiyata Nasional dan Adiwiyata Mandiri.Kedua strategi pemberdayaan peran serta masyarakat oleh sekolah Adiwiyata Mandiri di SDN Pandanwangi 1 Malang dan SDN Purwantoro 1 Malang dilakukan melalui sosialisasi. Sosialisasi dilakukan secara individu dan paguyuban. Sosialisasi secara individu dilakukan oleh guru ke walimurid atau sebaliknya. Sedangkan sosialisasi melalui paguyuban ini dilakukan di setiap kelas masing-masing.Ketiga faktor pendukung pelaksanaan program sekolah Adiwiyata Mandiri berbasis partisipatif di SDN Pandanwangi 1 Malang dan SDN Purwantoro 1 Malang adalah adanya komitmen kesadaran komunikasi. Selain itu juga didukung dengan kondisi sekolah penghargaan yang didapat sekolah dan sistem manajemen sekolah.Keempat faktor penghambat dan solusi pelaksanaan program sekolah Adiwiyata Mandiri berbasis partisipatif di SDN Pandanwangi 1 Malang dan SDN Purwantoro 1 Malang bersumber dari guru guru baru wali murid siswa dan sekolah imbas. Solusi yang dilakukan sekolah untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan melakukan pendekatan door to door membimbing siswa pelatihan workshop study banding mengadakan sosialisasi yang menggandeng instansi terkait dan banyak melakukan komunikasi dengan sekolah-sekolah binaan. Berdasarkan hasil penelitian ini maka disarankan kepada (1) Kepala Dinas Pendidikan Kota Malang hendaknya dapat dijadikan bahan kajian dalam rangka pembinaan program Adiwiyata Mandiri di Kota Malang untuk tahap ASEAN Eco School (2) Kepala SDN Pandanwangi 1 Malang dan SDN Purwantoro 1 Malangdiharapkan dapat menjalin kemitraan yang lebih luas dengan lembaga yang mendukung program Adiwiyata Mandiri secara berkelanjutan (3) Guru SDN Pandanwangi 1 Malang dan SDN Purwantoro 1 Malangdiharapkan dapat menciptakan inovasi ekstrakurikuler pembangkit tenaga surya dan produk pengendali hama (4) Mahasiswa Jurusan Administrasi Pendidikan agar dapat dimanfaatkan untuk memperluas dan meningkatkan pengetahuan khususnya dalam bidang partisipasi masyarakat dan (5) Peneliti lain agar dapat dimanfaatkan untuk pengembangan wawasan ilmu pengetahuan dan sebagai bahan informasi serta referensi bagi peneliti selanjutnya yang ingin meneliti mengenai partisipasi masyarakat pada tahap ASEAN Eco School.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 24 Jun 2015 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2015 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/3690 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |