Manuputty, Prilly Lastika (2025) Pengembangan desain pembelajaran berbasis gamifikasi untuk meningkatkan motivasi belajar pada mata pelajaran pendidikan agama kristen di sd kristen seri kota ambon / Prilly Lastika Manuputty</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Motivasi siswa dalam memahami dan mengikuti pembelajaran Pendidikan Agama Kristen (PAK) masih tergolong rendah meskipun sekolah telah memiliki fasilitas pendukung pembelajaran guru belum terampil dalam mengembangkan media pembelajaran berbasis teknologi yang lebih menarik. Akibatnya proses pembelajaran menjadi kurang interaktif dan kurang menarik bagi siswa yang tumbuh di era digital. Model pengembangan digunakan dalam penelitian ini adalah ASSURE yang dirancang untuk menciptakan pembelajaran yang interaktif efisien dan sesuai dengan karakteristik siswa. Subjek uji coba dalam penelitian ini melibatkan 25 siswa kelas 5 SD Kristen Seri Kota Ambon. Untuk mengukur kelayakan desain pembelajaran berbasis gamifikasi yang dikembangkan validasi terhadap produk dilakukan oleh dua pihak terdiri dari ahli dalam bidang materi dan ahli dalam bidang media. Validator ahli materi menilai kesesuaian konten pembelajaran dengan tujuan dan kompetensi dasar sedangkan validator ahli media mengevaluasi aspek teknis visual dan fungsionalitas media pembelajaran yang digunakan. Selain itu dilakukan pengukuran motivasi siswa terhadap desain pembelajaran gamifikasi melalui angket motivasi siswa yang diukur berdasarkan ARCS model. Angket ini dirancang guna mengukur tingkat ketertarikan motivasi dan keterlibatan aktif siswa dalam pembelajaran setelah penerapan desain gamifikasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa hasil pengembangan pembelajaran berbasis gamifikasi dengan model ASSURE menunjukkan efektivitas dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Kristen. Keempat aspek ARCS menunjukkan bahwa pendekatan ini mampu menarik perhatian siswa meningkatkan rasa percaya diri serta memberikan pengalaman belajar yang lebih menyenangkan dan bermakna Attention (93%) Relevance (89 4%) Confidence (90 6%) dan Satisfaction (96 4%) .
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S2 Teknologi Pembelajaran |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 09 May 2025 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2025 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/368941 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |