Linsih, Renia Astria (2025) Pengaruh model collaborative inquiry based learning dan motivasi belajar terhadap critical thinking skill peserta didik sekolah dasar / Renia Astria Linsih</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Keterampilan berpikir kritis merupakan salah satu keterampilan penting yang berperan membantu peserta didik menganalisis mengevaluasi dan menyelesaikan masalah dalam belajar. Pada kenyataan di lapangan keterampilan ini masih kurang optimal khususnya dalam mata pelajaran IPA di kelas 5 SD. Hal ini terlihat dari kurangnya tingkat kerjasama peserta didik dalam menyelesaikan masalah dan investigasi yang membutuhkan keterampilan berpikir kritis tingkat tinggi. Salah satu upaya untuk meningkatkan critical thinking skill peserta didik adalah dengan menerapkan model collaborative inquiry based learning. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh collaborative inquiry based learning dan motivasi belajar terhadap critical thinking skill peserta didik di Sekolah Dasar. Penelitian ini menggunakan metode Quasi-experimental Designs (QEDs) dengan desain posttest only control group. Subjek penelitian terdiri dari seluruh peserta didik kelas V SD yang dibagi menjadi dua kelompok yaitu kelas eksperimen sebanyak 26 peserta didik dan kelas kontrol sebanyak 28 peserta didik. Teknik pengumpulan dilakukan melalui tes pilihan ganda sebanyak 20 soal yang valid dengan taraf reliabilitas Cronbach rsquo s Alpha sebesar 0 842 serta kuesioner motivasi belajar sebanyak 15 dengan taraf reliabilitas Cronbach Alpha sebesar 0 756. Analisis data menggunakan teknik analisis dua jalur ANOVA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) ada perbedaan yang signifikan penerapan model collaborative inquiry based learning dengan model collaborative based learning terhadap critical thinking skill peserta didik (2) ada perbedaan critical thinking skill peserta didik yang memiliki motivasi belajar tinggi dan motivasi belajar rendah dan (3) tidak ada interaksi antara model collaborative inquiry based learning dan motivasi belajar terhadap critical thinking skill peserta didik.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S2 Teknologi Pembelajaran |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 30 Apr 2025 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2025 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/368939 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |