Pengembangan pembelajaran berbasis social learning network (instagram) pada mata kuliah komunikasi pendidikan untuk meningkatkan kepercayaan diri mahasiswa / Fitri Mutia Fajrin</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan pembelajaran berbasis social learning network (instagram) pada mata kuliah komunikasi pendidikan untuk meningkatkan kepercayaan diri mahasiswa / Fitri Mutia Fajrin</p>

Fajrin, Fitri Mutia (2025) Pengembangan pembelajaran berbasis social learning network (instagram) pada mata kuliah komunikasi pendidikan untuk meningkatkan kepercayaan diri mahasiswa / Fitri Mutia Fajrin</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Dalam mata kuliah Komunikasi Pendidikan tujuan penelitian ini adalah untuk menetapkan strategi pembelajaran yang berbasis Jaringan Pembelajaran Sosial (JPS) guna meningkatkan tingkat kepercayaan diri mahasiswa. Karena kemampuannya untuk memfasilitasi pembelajaran kolaboratif dan meningkatkan keterlibatan mahasiswa jaringan pembelajaran sosial (SLN) dipilih sebagai media utama. Mahasiswa diberi kesempatan untuk mempelajari materi secara mandiri sebelum sesi kelas tatap muka yang kemudian difokuskan pada diskusi mendalam dan aplikasi praktis. Ini dicapai melalui penggunaan teknik flipped classroom. Dalam proses melakukan penelitian model pengembangan Lee dan Owens digunakan. Model ini mencakup tahap-tahap berikut analisis kebutuhan desain pengembangan integrasi dan penilaian. Mahasiswa di Universitas Negeri Malang yang terdaftar dalam program sarjana Teknologi Pendidikan menjadi subjek penelitian ini. Jaringan pembelajaran sosial (SLN) memiliki elemen yang memungkinkan percakapan dan umpan balik waktu nyata dan materi pembelajaran yang dibuat berupa akun Instagram yang berisi konten pembelajaran interaktif. Menurut temuan penelitian penerapan SLN yang berbasis pada paradigma flipped classroom memiliki potensi untuk meningkatkan kepercayaan diri mahasiswa sebesar 54 61%. Meskipun demikian ada sejumlah fitur yang memerlukan perbaikan tambahan termasuk antarmuka pengguna navigasi dan manajemen waktu. Hasil penelitian ini secara efektif menunjukkan bahwa jaringan pembelajaran sosial (SLN) bermanfaat dalam memfasilitasi pembelajaran mandiri maupun kolaboratif. Untuk memaksimalkan efektivitas pembelajaran para peneliti menyarankan perbaikan tambahan dalam desain media serta penggabungan platform lain yang tersedia.

Item Type: Thesis (Masters)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S2 Teknologi Pembelajaran
Depositing User: library UM
Date Deposited: 30 Apr 2025 04:29
Last Modified: 09 Sep 2025 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/368938

Actions (login required)

View Item View Item