Dinata, Vania Mitzi (2025) Pengembangan media pembelajaran online dengan preferensi gaya belajar untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa di SMPK Widyatama Batu / Vania Mitzi Dinata</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Pengembangan media pembelajaran berbasis daring menjadi penting dalam mendukung pembelajaran matematika terutama pada topik bangun ruang di tingkat SMP. Hal ini dipicu oleh tantangan pembelajaran daring seperti keterbatasan media yang relevan dengan kebutuhan siswa khususnya terkait preferensi gaya belajar mereka. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran berbasis platform PrimaIndisoft yang disesuaikan dengan gaya belajar VARK (Visual Auditory Reading/Writing Kinesthetic). Melalui pendekatan ini diharapkan terjadi peningkatan hasil belajar siswa dan pengalaman belajar yang lebih menarik serta mendalam. Penelitian menggunakan model pengembangan Successive Approximation Model (SAM) yang melibatkan proses iteratif mulai dari tahap persiapan desain hingga pengembangan media. Subjek penelitian terdiri atas siswa kelas 9 SMPK Widyatama Batu yang diidentifikasi gaya belajarnya menggunakan kuesioner VARK. Media yang dirancang mengintegrasikan elemen visual audio teks dan aktivitas praktis sesuai preferensi siswa. Data dianalisis menggunakan pretest dan posttest untuk mengevaluasi efektivitas media serta uji validasi oleh ahli untuk menilai kualitas desain dan isi media. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media yang dikembangkan mendapatkan validasi tinggi dari ahli materi dan ahli media pembelajaran dengan skor kelayakan masing-masing 98% dan 91%. Selain itu rata-rata nilai siswa meningkat dari 81 46 pada pretest menjadi 88 54 pada posttest menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam pemahaman konsep matematika. Media ini terbukti mampu mengakomodasi berbagai gaya belajar siswa meningkatkan motivasi belajar serta mendukung pemahaman konsep bangun ruang dengan cara yang lebih terarah dan interaktif. Penelitian ini menyimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis VARK dapat menjadi solusi inovatif dalam menciptakan pembelajaran daring yang lebih menarik dan efektif.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S2 Teknologi Pembelajaran |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 30 Jan 2025 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2025 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/368936 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |