Pengaruh metode peer-assisted learning (PAL) dan learning motivation terhadap hasil belajar pemrograman visual / Dian Franssischa Kusumaningsih</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh metode peer-assisted learning (PAL) dan learning motivation terhadap hasil belajar pemrograman visual / Dian Franssischa Kusumaningsih</p>

Kusumaningsih, Dian Franssischa (2025) Pengaruh metode peer-assisted learning (PAL) dan learning motivation terhadap hasil belajar pemrograman visual / Dian Franssischa Kusumaningsih</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pembelajaran Pemrograman Visual menjadi tantangan tersendiri dengan kompleksitas materi harus dipahami dan diaplikasikan pebelajar. Oleh sebabnya dibutuhkannya penerapan metode pembelajaran lebih menyenangkan dirasa interaktif efektif dan memiliki kemenarikan bagi pebelajar. Metode pembelajaran demikian tersorot dalam PAL memberikan kesempatan pebelajar dapat terus berkolaborasi belajar antara pebelajar dengan asisten pembelajaran sehingga didapatkan kenyamanan menyenangkan mengurangi kekakuan ataupun ketegangan belajar serta menciptakan suasana belajar lebih akrab sehingga memperkuat learning motivation dalam diri pebelajar dan mendorong dalam peningkatan hasil belajar pebelajar. Penelitian saat ini tergolong penelitian kuantitatif eksperimen kuasi faktorial 2x3. Subjek penelitian pebelajar S1 Teknologi Pendidikan angkatan 2023. Penelitian terbagi dalam kelompok kelas eksperimen bermetode PAL dan kelompok kelas kontrol bermetode klasikal. Penelitian melibatkan variabel moderator learning motivation dan variabel dependen hasil belajar aspek kognitif dengan teknik statistika Anova Two-Way untuk menguji hipotesis penelitian. Penelitian membuahkan hasil adanya perbedaan hasil belajar dilihat dari metode pembelajaran. Nilai rerata hasil belajar kelompok kelas eksperimen lebih unggul dibanding dengan kelompok kelas kontrol. Temuan lain membuktikan bahwa pembelajaran PAL mendapatkan tanggapan secara positif dari pebelajar. Oleh sebab demikian pembelajaran PAL dapat diterapkan dalam pembelajaran pemrograman visual khususnya dalam meningkatkan hasil belajar pebelajar.

Item Type: Thesis (Masters)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S2 Teknologi Pembelajaran
Depositing User: library UM
Date Deposited: 29 Apr 2025 04:29
Last Modified: 09 Sep 2025 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/368934

Actions (login required)

View Item View Item