Rahman Zh, Miftah Hur (2025) Pengembangan strategi blended learning berbantuan flipbook digital berbasis hypercontent untuk meningkatkan hasil belajar / Miftah Hur Rahman Zh</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Pengembangan teknologi pendidikan merupakan langkah strategis dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di berbagai institusi begitu juga dalam pembelajaran Pendidikan agama islam di Madrasah Aliyah. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan strategi blended learning yang dipadukan dengan flipbook digital hypercontent guna meningkatkan hasil belajar pemahaman konsep bagi siswa MAN Kota Batu. Penelitian ini mengadopsi penelitian pengembangan ADDIE (Analysis Design Depelop implementasi amp Eavaluation) dimana model ini digunakan untuk memperoleh data melalui validasi oleh ahli media ahli strategi pembelajaran dan ahli materi ahli instrument implementasi stategi melalui uji coba grup kecil dan besar serta evaluasi hasil belajar peserta melalui pre-test dan post-test. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa validasi dari para ahli menunjukkan hasil yang sangat baik dengan persentase tinggi pada aspek instrumen (78%) strategi pembelajaran (95%) media (98 5%) dan materi (81 11%) yang mengindikasikan bahwa produk pembelajaran ini layak dan relevan untuk diterapkan. Uji coba kelompok kecil dan besar memberikan respons positif dari peserta didik dengan tingkat penerimaan masing-masing sebesar 91% dan 90 56% yang termasuk dalam kategori sangat baik . Hasil analisis data pre-test menunjukkan bahwa tingkat ketuntasan awal peserta didik sebesar 61 11% dengan rata-rata nilai 68 33. Setelah pembelajaran menggunakan strategi yang dikembangkan terjadi peningkatan signifikan pada hasil post-test dengan tingkat ketuntasan mencapai 91 67% dan rata-rata nilai meningkat menjadi 81 09. Berdasarkan hasil uji paired samples test diperoleh nilai t sebesar -22 226 dengan signifikansi (p) lt 0 05 yang menegaskan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil pre-test dan post-test. Dengan demikian strategi blended learning berbantuan flipbook digital berbasis hypercontent terbukti dapat meningkatkan pemahaman konsep secara efektif dan dapat menjadi salah satu alternatif inovatif dalam pembelajaran PAI yang adaptif terhadap perkembangan teknologi pendidikan dan kebutuhan peserta didik di era digital. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa strategi blended learning berbantuan flipbook digital berbasis hypercontent yang dikembangkan terbukti efektif dalam meningkatkan hasil belajar pemahaman konsep peserta didik. Validitas yang tinggi dari aspek media strategi pembelajaran dan materi menunjukkan bahwa produk yang dikembangkan layak untuk diimplementasikan dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Peningkatan signifikan pada hasil belajar setelah penerapan strategi ini menegaskan bahwa pendekatan tersebut adaptif terhadap kebutuhan pembelajaran abad 21 dan dapat menjadi solusi inovatif dalam meningkatkan kualitas pembelajaran yang lebih interaktif dan bermakna.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S2 Teknologi Pembelajaran |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 07 May 2025 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2025 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/368933 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |