Suharto, Rachel Devita (2025) Pengembangan panduan konseling karier model casve untuk meningkatkan keterampilan pengambilan keputusan karier siswa SMA / Rachel Devita Suharto</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Siswa SMA yang berusia 15-18 tahun berada dalam tahap eksplorasi untuk menentukan karier sesuai minat bakat dan tujuan. Namun banyak siswa mengalami kebingungan dalam memilih jurusan dan perguruan tinggi serta menghadapi perbedaan pilihan dengan orang tua. Untuk mengatasi hal ini guru BK memberikan layanan konseling karier model CASVE (Communication Analysis Synthesis Valuing Execution) guna membantu siswa membuat keputusan karier yang tepat dan meningkatkan keterampilan pemecahan masalah serta pengambilan keputusan. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan panduan konseling karier model CASVE untuk meningkatkan keterampilan pengambilan keputusan karier siswa SMA yang berterima secara teoritis praktis dan efektif. Penelitian ini menggunakan model R amp D dengan desain ADDIE yang terdiri atas tahap analysis design development implementation dan evaluation. Subjek penelitian terdiri atas (1) dua ahli materi bimbingan dan konseling (2) dua ahli media dan (3) dua calon pengguna konselor. Selain itu dilakukan uji coba penerapan layanan konseling karier menggunakan model CASVE pada 6 siswa SMA. Instrumen penelitian yang digunakan terdiri dari penilaian uji materi penilaian uji media penilaian uji calon pengguna dan career decision scale. Data uji validasi ahli BK media dan calon pengguna konselor dianalisis menggunakan inter-rater agreement. Hasil uji coba produk untuk mengetahui keefektifan konseling karier model CASVE dianalisis menggunakan wilcoxon signed-rank. Hasil temuan penelitian bahwa buku panduan yang dikembangkan telah memenuhi kriteria kelayakan sangat tinggi berdasarkan aspek keberterimaan produk yang terdiri dari ketepatan kegunaan kemenarikan dan kemudahan. Hasil uji keefektifan terhadap kelompok eksperimen menggunakan konseling karier CASVE didapatkan hasil asymp.sig (2-tailed) berada pada 0.060 lt 0 05 sedangkan hasil dari kelompok kontrol menggunakan konseling traits and factor didapatkan hasil asymp.sig (2-tailed) berada pada 0.015 lt 0 05. Untuk mengidentifikasi perbedaan yang signifikan peneliti menggunakan uji Mann Whitney dalam membandingkan kelompok eksperimen dan kontrol. Hasil uji Mann Whitney didapati bahwa nilai Asymp. Sig. (2-tailed) sebesar 0 007 lt 0 05 yang artinya penerapan konseling karier model CASVE efektif untuk membantu keterampilan pengambilan keputusan karier siswa.Walaupun penerapan model traits and factor juga mampu meningkatkan keterampilan pengambilan keputusan karier siswa. Namun hasil posttest menunjukkan bahwa layanan karier model CASVE mendapatkan nilai yang lebih tinggi daripada model traits and factor. Hal tersebut didasarkan pada perbandingan hasil posttest sebesar 30 5 28. Berdasarkan hasil yang diperoleh beberapa rekomendasi yang dapat dilakukan oleh peneliti berikutnya maupun konselor sekolah antara lain (1) konselor hendaknya menggunakan konseling karier model CASVE untuk meningkatkan keterampilan pengambilan keputusan karier (2) bagi peneliti selanjutnya diperlukan uji keefektifan dengan lebih banyak subjek agar semakin representatif hasil yang didapatkan.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S2 Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 16 Jan 2025 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2025 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/368928 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |