Manajemen pembelajaran workbook dalam implementasi kurikulum 2013 dan kurikulum Cambridge di Sekolah Dasar Laboratorium UM Kota Malang dan Kota Blitar / Ayu Linda Puspita

Puspita, Ayu Linda (2015) Manajemen pembelajaran workbook dalam implementasi kurikulum 2013 dan kurikulum Cambridge di Sekolah Dasar Laboratorium UM Kota Malang dan Kota Blitar / Ayu Linda Puspita. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Puspita, Ayu Linda. 2015. Manajemen Pembelajaran Workbook dalam Implementasi Kurikulum 2013 dan Kurikulum Cambridge di SD Laboratorium UM Kota Malang dan Kota Blitar. Skripsi, Jurusan Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Dr. Ali Imron, M.Pd, M.Si, (II) Asep Sunandar, S.Pd. M.AP Kata kunci: Workbook, Kurikulum 2013, Kurikulum Cambridge Pembelajaran dengan menggunakan media workbook merupakan pembelajaran yang menekankan pada tujuan pembentukan kepribadian peserta didik yang mandiri, bertanggungjawab, dan disiplin. SD Laboratorium UM Kota Malang dan SD Laboratorium UM Kota Blitar merupakan lembaga sekolah dasar swasta yang menerapkan workbook sebagai media pembelajaran berbentuk media cetak. Kedua sekolah tersebut berada pada naungan Pusat Pengembangan Laboratorium Pendidikan Universitas Negeri Malang (P2LP UM). Perbedaan kedua sekolah tersebut terletak pada lingkungan sosial-geografis yang berbeda. Berdasarkan informasi tersebut, maka dilakukan penelitian untuk mengetahui manajemen pembelajaran workbook dalam implementasi Kurikulum 2013 dan Kurikulum Cambrigde. Fokus dan tujuan dari penelitian ini yaitu (1) mengetahui desain pengembangan workbook dalam implementasi Kurikulum 2013 dan Kurikulum Cambridge, (2) mendeskripsikan perangkat yang dibutuhkan pada pengembangan workbook dalam implementasi Kurikulum 2013 dan Kurikulum Cambridge, (3) mengetahui kebijakan pendukung pengembangan workbook dalam implementasi Kurikulum 2013 dan Kurikulum Cambridge, dan (4) mendeskripsikan capaian dan hasil evaluasi penerapan workbook dalam implementasi Kurikulum 2013 dan Kurikulum Cambridge. Penelitian ini dilakukan di SD Laboratorium UM Kota Malang dan Kota Blitar dengan pendekatan kualitatif jenis studi multi situs dengan metode komparatif konstan. Teknik pengumpulan data yang dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan menggunakan teknik triangulasi, pengecekan anggota, dan ketekunan pengamatan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan workbook di SD Laboratorium UM Kota Malang dan Kota Blitar adalah untuk mengimplementasikan Kurikulum 2013 yang menekankan pada pembentukan kompetensi serta karakter peserta didik dan menerapkan Kurikulum Cambridge sebagai penyetaraan pembelajaran sekolah dasar internasional. Workbook tersebut dirancang oleh masing-masing guru bidang studi sesuai dengan prosedur penyusunan yang telah ditetapkan oleh Pusat Pengembangan Laboratorium Pendidikan Universitas Negeri Malang (P2LP UM) dengan memperhatikan kemampuan peserta didik sesuai dengan perpaduan kurikulum nasional (Kurikulum 2013) dan kurikulum internasional (Cambridge International Examination). Desain workbook di SD Laboratorium UM yaitu workbook dibuat berdasarkan pembelajaran tematik (untuk kelas 1-3), terdiri dari 8 worksheet Math, Science, dan English. Perangkat pengembangan workbook di SD Laboratorium UM adalah Cambridge Framework, silabus setiap mata pelajaran, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), dan bahan ajar. Kebijakan yang mendukung adalah kebijakan dari Pusat Pengembangan Laboratorium Pendidikan (P2LP) UM dan adanya kebijakan dari sekolah untuk mengembangkan media pembelajaran yang sesuai dengan perkembangan siswa. Evaluasi penerapan workbook dilakukan oleh Kepala Sekolah, Waka Kurikulum, Pengembang dari Centre 110 (Universitas Negeri Malang P2LP) serta melibatkan guru-guru yang memiliki basic Bahasa Inggris. Hasil capaian dan evaluasi yaitu penerapan workbook sebagai media pembelajaran mampu melatih dan merangsang peserta didik untuk memecahkan berbagai macam soal (terutama yang berbentuk Bahasa Inggris), membentuk karakter peserta didik untuk lebih bertanggungjawab, mandiri dan disiplin, serta dapat meningkatkan prestasi belajar peserta didik. Peneliti menyarankan beberapa hal untuk perbaikan implementasi pengembangan pembelajaran workbook bagi: (1) Kepala Pusat Pengembangan Laboratorium Pendidikan Universitas Negeri Malang (P2LP UM),untuk semakin meningkatkan dan memfasilitasi pelatihan pengembangan workbook kepada Kepala Sekolah dan guru di SD Laboratorium UM , (2) Kepala SD Laboratorium UM Kota Malang dan Kota Blitar, untuk mengupayakan perbaikan-perbaikan pada workbook baik dari segi konten maupun bahasa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 24 Jun 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/3689

Actions (login required)

View Item View Item