Pengelolaan sumber belajar untuk menunjang pembelajaran berbasis lingkungan alam di Taman Kanak-kanak (TK) Alam Ar-Rayyan Malang / Sagita Dwi Elisari - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengelolaan sumber belajar untuk menunjang pembelajaran berbasis lingkungan alam di Taman Kanak-kanak (TK) Alam Ar-Rayyan Malang / Sagita Dwi Elisari

Elisari, Sagita Dwi (2015) Pengelolaan sumber belajar untuk menunjang pembelajaran berbasis lingkungan alam di Taman Kanak-kanak (TK) Alam Ar-Rayyan Malang / Sagita Dwi Elisari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Elisari Sagita Dwi. 2015. Pengelolaan Sumber Belajar Untuk Menunjang Proses Pembelajaran Berbasis Lingkungan Alam di Taman Kanak-Kanak (TK) Alam Ar-Rayyan Malang. Skripsi. Program Studi Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. Hj. Nurul Ulfatin M.Pd. (2) Dr. Asep Sunandar S.Pd M.AP. Kata kunci pengelolaan sumber belajar TK Alam Lingkungan merupakan salah satu faktor yang berpengaruh terhadap perkembangan siswa. Lingkungan di sekolah didesain sedemikian rupa untuk memudahkan siswa dalam kegiatan belajar yang edukatif. Peran lingkungan khususnya di lingkungan TK sangat diperlukan untuk memberikan pengalaman belajar anak usia dini. TK Alam Ar-Rayyan Malang yang menjadi subjek studi penelitian menggunakan sumber belajar berasal dari lingkungan alam dan sekitar untuk menunjang proses belajar mengajar. Penelitian ini memiliki fokus yaitu (1) kondisi lingkungan alam di TK Alam Ar-Rayyan yang meliputi kondisi lingkungan sekolah dan kondisi sekitar sekolah (2) kegiatan pembelajaran yang memerlukan sumber belajar lingkungan alam yang meliputi kegiatan di masyarakat dan kegiatan di luar ruang kelas (3) pengelolaan sumber belajar lingkungan alam yang meliputi perencanaan pengadaan dan pemeliharaan (4) pemanfaatan sumber belajar dalam kegiatan pembelajaran oleh guru dan siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang dilakukan melalui teknik studi kasus. Kehadiran peneliti sebagai instrumen kunci memiliki peran sangat penting karena peneliti yang merasakan dan melihat kondisi secara langsung di lapangan. Sumber data dalam penelitian ini diperoleh melalui teknik wawancara observasi dan dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui reduksi data verifikasi data display data dan penarikan kesimpulan. Agar diperoleh keabsahan data maka peneliti melakukan pengecekan keabsahan data melalui triangulasi pengecekan anggota ketekunan pengamatan dan kecukupan referensi. Hasil penelitian ini yaitu (1) kondisi lingkungan alam di TK Alam Ar-Rayyan yaitu (a) lingkungan alam di dalam sekolah (b) lingkungan alam di luar sekolah (2) kegiatan pembelajaran yang menggunakan sumber belajar lingkungan alam yaitu terdiri dari (a) kegiatan pembelajaran yang memanfaatkan lingkungan alam sekitar bentuk kegiatannya yaitu berkebun cookery dan outdoor activity (b) kegiatan yang melibatkan partisipasi bentuk kegiatannya yaitu adab bertamu father s day dan kegiatan sosial 3) pengelolaan sumber belajar lingkungan alam dimulai dari (a) perencanaan dilakukan dengan cara melakukan rapat kerja guru setelah itu menentukan jadwal kegiatan pembelajaran selama satu tahun kemudian para guru membuat Rencana Kegiatan Harian (RKH) (b) pengadaan sumber belajar lingkungan dilakukan secara kondisional dengan cara memanfaatkan sumber belajar yang ada di lingkungan sekitar. Pengadaan bibit tanaman dan bibit ikan didapatkan dari dana khusus berkebun dan dana kolam yang diperoleh dari hasil penjualan (c) pemeliharaan sumber belajar lingkungan dilakukan secara rutin. Semua warga sekolah wajib untuk melakukan pemeliharaan (4) pemanfaatan kegiatan pembelajaran dengan sumber belajar lingkungan yang terdiri dari (a) pemanfaatan yang dilakukan oleh guru dengan cara memanfaatkan lingkungan sekitar sebagai sumber belajar (b) pemanfaatan oleh siswa dengan cara menjadikan barang bekas menjadi alat bermain edukatif. Berdasarkan hasil penelitian disarankan kepada beberapa pihak diantaranya (1) Yayasan TK Alam Ar-Rayyan Malang diharapkan Yayasan mengadakan pelatihan untuk Kepala Sekolah dan para guru untuk meningkatkan kemampuan mengajar (2) Kepala TK Alam Ar-Rayyan Malang dapat melakukan pengecekan rutin mengenai keadaan serta pemeliharaan sumber belajar yang berasal dari lingkungan alam dan sekitar (3) Bagi TK atau TK alam lainnya diharapkan para guru dapat mencontoh dan melakukan diskusi berkenaan dengan pengelolaan sumber belajar dan lainnya (4) Akademisi Jurusan Administrasi Pendidikan diharapkan dapat memberikan pembelajaran yang beragam mengenai pengelolaan sumber belajar (5) peneliti lain yang dapat menjadikan hasil penelitian ini sebagai referensi mengenai pengelolaan sumber belajar berbasis lingkungan alam.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 24 Jun 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/3688

Actions (login required)

View Item View Item