Ayuningtyas, Galih (2024) Berpikir relasional dalam menyelesaikan masalah aljabar awal ditinjau dari kemampuan matematis siswa sekolah dasar / Galih Ayuningtyas</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Matematika merupakan salah satu mata pelajaran di sekolah dasar yang penting dalam mengembangkan kemampuan berpikir siswa dalam menyelesaikan masalah. Salah satu materi penting dalam matematika yakni aljabar. Penalaran aljabar akan membantu siswa dalam proses pemecahan masalah maupun mempelajari materi lain pada jenjang yang lebih tinggi. Hasil observasi di SDIT Ahmad Yani Malang menunjukkan bahwa pembelajaran matematika materi aljabar tidak sepenuhnya memberikan pemahaman tentang representasi simbol aljabar menggunakan pola-pola hubungan antar kuantitas. Siswa sering kali mengalami kebingungan pada representasi simbol aljabar yang ada pada pembelajaran aljabar di kelas tinggi. Pemahaman konsep aljabar sangat diperlukan di kelas rendah sesuai dengan kurikulum saat ini yang memberikan pembelajaran aljabar di kelas awal. Sesuai dengan latar belakang yang ada penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana siswa SD dapat berpikir relasional pada masalah aljabar awal ditinjau dari kemampuan matematis. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Penelitian ini menganalisis suatu kasus tentang pemikiran relasional untuk membandingkan penelitian baru dengan bidang yang sama dengan penemuan baru pada siswa kelas III di sekolah dasar. Latar penelitian dilaksanakan di SDIT Ahmad Yani kota Malang. Peneliti menggunakan teori kredibilitas dengan peneliti sebagai alat utama dalam mencari mengumpulkan dan membuat kesimpulan berdasarkan sumber data yang diperoleh. Hasil penelitian menunjukkan bahwa masalah aljabar di kelas awal dapat diselesaikan dengan cara berpikir relasional. Hal ini sesuai dengan kurikulum aljabar yang di dalamnya memuat bahwa berpikir relasional merupakan bagian dari kurikulum aljabar yang merupakan transisi antara aritmatika menuju aljabar. Peneliti mengadaptasi soal tes untuk membuat hubungan antar objek konkret untuk mencari nilai yang belum diketahui jumlahnya untuk mengetahui penyelesaian masalah dengan menggunakan berpikir relasional. Hasil penelitian menunjukkan siswa dikategorikan ke dalam tingkatan berpikir relasional sesuai kemampuan matematis tinggi sedang dan rendah. Kategori berpikir relasional dalam menyelesaikan masalah aljabar awal ditinjau dari kemampuan matematis ada 3 yakni 1) Established relational thinking (ERT) biasanya siswa berkemampuan tinggi yang ada pada tingkatan ini 2) consolidating relational thinking (CRT) biasanya siswa berkemampuan sedang ada pada tingkatan ini dan 3) emerging relational thinking (ERT) merupakan tingkatan pada siswa yang berkemampuan rendah. Kategori tersebut dikelompokkan berdasarkan bagaimana siswa dapat menyelesaikan soal menggunakan berpikir relasional sesuai indikator di setiap tingkatan dan diperjelas melalui hasil wawancara.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Divisions: | Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 26 Mar 2024 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2024 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/368752 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |