Rafita, Wiga (2022) Pengaruh metode pembelajaran brainstorming dan means-ends analysis (mea) terhadap hasil belajar dengan materi ancaman disintegrasi bangsa di berbagai daerah tahun 1948-1965 di SMKN 1 Pagerwojo Tulungagung / Wiga Rafita</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
RINGKASAN Rafita Wiga. 2022. Pengaruh Metode Pembelajaran Brainstorming dan Means-Ends Analysis (Mea) Terhadap Hasil Belajar dengan Materi Ancaman Disintegrasi Bangsa di Berbagai Daerah Tahun 1948-1965 di SMKN 1 Pagerwojo Tulungagung. Pembimbing (1) Dr. R. Reza Hudiyato S.S M.Hum (2) Dr. Dewa Agung Gede Agung M.Hum. Kata Kunci Hasil Belajar Brainstorming Means-Ends Analysis (MEA). Kurikulum 2013 yang diterapkan dalam kegiatan pembelajaran memiliki tujuan untuk menekankan siswa pada kegiatan aktif serta bertujuan untuk membentuk karakter siswa. Adanya penggunaan metode pembelajaran yang inovatif nantinya bertujuan untuk mendorong siswa membentuk karakter tersebut berupa kemampuan dalam menganalisis dan memecahkan masalah sehingga mampu meningkatkan hasil belajar siswa. Metode pembelajaran Brainstorming dan Mean Ends Analysis (MEA) memberikan kemampuan siswa dalam menguraikan dan menganalisis berbagai permasalahan sejarah yang disajikan oleh guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari metode Brainstorming dan Mean Ends Analysis (MEA) terhadap hasil belajar sejarah di SMKN 1 Pagerwojo Tulungagung. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan bentuk desain Ekperimental Semu (Quasi-Experimental Design). Penelitian ini kelompok eksperimen pada kelas X AKL 1 dan kelas kontrol pada kelas X TKRO 4 Tahun Ajaran 2021/2022. Instrumen pada penelitian ini berupa tes dan keterlaksanaan pembelajaran. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah independent sample t-Test berupa uji parametik dengan bantuan SPSS. Hasil penelitian berdasarkan hasil uji hipotesis diperoleh nilai Sig. sebesar 0 000 lt 0 05 sehingga Ho ditolak. Hasil pengujian data diketahui nilai sig. Levene rsquo s Test adalah 0 168 artinya nilai sig. 0 168 gt 0 05 sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh metode pembelajaran Brainstorming dan Means-Ends Analysis (Mea) terhadap hasil belajar. Berdasarkan hasil penelitian tersebut pengaruh terhadap hasil belajar siswa juga ditunjukkan dengan meningkatnya ketrampilan siswa dalam menganalis persoalan-persoalan yang disajikan oleh guru menggunakan metode pembelajaran Brainstorming dan MEA hal ini kemudian membentuk kebiasaan belajar siswa yang lebih aktif lebih kondusif dan siap pada pelajaran sejarah serta lebih percaya diri dalam memecahkan masalah tersebut dengan pemikiran dan bahasa sendiri berdasarkan sumber yang telah dibaca dan dipelajari. Implikasi hasil penelitian ini terhadap pembelajaran sejarah di SMK adalah guru dapat menerapkan metode pembelajaran Brainstorming ataupun Mean Ends Analysis (MEA) dengan terlebih dahulu membiasakan siswa memperkenalkan soal-soal analisis dalam proses pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S2 Pendidikan Sejarah |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 16 Aug 2022 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2022 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/368710 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |