Mubarok, Syahrul (2015) Pengaruh penerapan good corporate governance terhadap corporate social responsibility dan kinerja perusahaan (studi pada perusahaan peserta corporate governance perception index yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia 2010-2012) / Syahrul Mubarok. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Mubarok Syahrul. 2014. Pengaruh Penerapan Good Corporate Governance Terhadap Corporate Social Responsibility Dan Kinerja Perusahaan (Studi Pada Perusahaan Peserta Corporate Governance Perception Index tahun 2010-2012). Skripsi Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Sunaryanto M.Ed. (II) Sawitri Dwi Prastiti SE. M.Si. Ak. Kata kunci Good Corporate Governance Corporate Social Responsibility Kinerja Keuangan Kinerja Pasar. Corporate social responsibility (CSR) adalah komitmen perusahaan atau dunia bisnis untuk berkontribusi dengan pengembangan ekonomi berkelanjutan dengan memperhatikan tanggungjawab sosial dan menitikberatkan antara perhatian terhadap aspek ekonomi sosial dan lingkungan. CSR merupakan bentuk tanggungjawab perusahaan terhadap para stakeholders perusahaan selain pemegang saham dimana pemegang saham lebih tertarik pada kinerja operasional perusahaan. Salah satu faktor keberhasilan dalam melaksanakan CSR adalah adanya sistem tata kelola perusahaan yang (good corporate governance) disamping ukuran perusahaan dan adanya regulasi yang mengikat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan good corporate governance terhadap corporate social responsibility dan kinerja perusahaan. Kinerja perusahaan diukur dengan menggunakan rasio keuangan yaitu return on asset (ROA) dan kinerja pasar diukur dengan earning per share (EPS). Praktek GCG diukur dengan skor corporate governance perception index (CGPI) sedangkan CSR menggunakan indikator global reporting index(GRI). Populasi penelitian ini adalah perusahaan peserta corporate governance perception index(CGPI) berturut-turut tahun 2010-2012. Dengan metode pemilihan sampel dengan cara pusposive sampling diperoleh sampel sebanyak 14 perusahaan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitiatif dan data yang digunakan adalah data sekunder dengan teknik pengambilan data melalui dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis general linear model multivariate (GLMM). Hasil pengujian dengan analisis GLMM menyimpulkan bahwa penerapan GCG tidak berpengaruh signifikan terhadap CSR dan ROA. Namun penerapan GCG berpengaruh signifikan positif terhadap EPS.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Akuntansi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 03 Feb 2015 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2015 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/36871 |
Actions (login required)
View Item |