Khusniah, Mariatul (2015) Pengukuran kinerja manajemen dengan metode balanced scorecard (studi pada PDAM Kota Blitar) / Mariatul Khusniah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Khusniah Mariatul. 2014. Pengukuran Kinerja Manajemen Dengan Metode Balanced Scorecard (Studi Pada PDAM Kota Blitar). Skripsi Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Sawitri Dwi Prastiti S.E. M.Si. AK (II) Dr. Nurika Restuningdyah S.E. M.Si. Ak. CA Kata Kunci Pengukuran Kinerja Balanced Scorecard Good Governance. 12288 12288 12288 12288 PDAM Kota Blitar merupakan organisasi sektor publik yang melayani masyarakat dalam hal penyediaan jasa air bersih. Sebagai salah satu instansi pemerintah daerah PDAM Kota Blitar dituntut harus mampu memberikan pelayanan jasa air bersih yang berkualitas serta memberikan pertanggungjawaban baik secara keuangan maupun non keuangan kepada pemerintah daerah dan masyarakat sebagai pengguna jasa. Maka perlu adanya suatu pengukuran kinerja yang mencakup semua aspek dan untuk menilai kesesuaian kinerja dengan tujuan perusahaan untuk mencapai suatu tata kelola perusahaan yang baik (good governance) sehingga digunakanlah Balanced Scorecard sebagai salah satu alat ukur kinerja yang komprehensif. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan objek PDAM Kota Blitar. Pengukuran kinerja dilakukan dengan mendeskripsikan hasil perhitungan tolok ukur keempat perspektif selama dua tahun (2011-2012) kemudian hasil perhitungan tersebut dianalisa dan dikombinasikan dengan data hasil wawancara dengan pihak manajemen PDAM Kota Blitar. Teknik wawancara tersebut dilakukan untuk mendapatkan penjelasan yang lebih mendalam mengenai kinerja manajemen dari berbagai perspektif. Setelah mengukur kinerja tersebut kemudian dilakukan telaah mendalam hasil kinerja yang telah dianalisa terhadap penyelenggaraan good governance yaitu penerapan prinsip transparansi dan akuntabilitas. 12288 12288 12288 12288 Hasil dari capaian kinerja PDAM Kota Blitar yang diukur dengan Balanced Scorecard menunjukkan kinerja karyawan dari perspektif pembelajaran dan pertumbuhan meskipun ada peningkatan namun masih belum berdampak pada kinerja operasional perusahaan yang ditunjukkan dengan kinerja proses internal bisnis yang masih kurang baik. Sehingga perspektif pelanggan masih kurang baik hal ini mengakibatkan sales growth justru menurun dan kondisi keuangan perusahaan tidak lebih baik karena ketidakmampuan dalam melunasi kewajibannya. Dari berbagai perspektif tersebut jika disesuaikan dengan pencapaian tujuan perusahaan hanya perspektif pembelajaran dan pertumbuhan yang berhasil sementara ketiga perspektif lainnya belum mencapai tujuan yang telah ditetapkan perusahaan tersebut. Begitu pula dengan penerapan prinsip accountability dan transparancy yang masih terbatas pada beberapa pihak PDAM Kota Blitar belum mampu menerapkan kedua prinsip tersebut secara maksimal sehingga penerapan good governance belum terlaksana.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Akuntansi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 13 Jan 2015 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2015 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/36870 |
Actions (login required)
View Item |