Manajemen unit produksi di sekolah sebagai sarana pembelajaran (studi kasus di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 2 Malang) / Dina Ni'matul Maghfiroh - Repositori Universitas Negeri Malang

Manajemen unit produksi di sekolah sebagai sarana pembelajaran (studi kasus di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 2 Malang) / Dina Ni'matul Maghfiroh

Maghfiroh, Dina Ni'matul (2015) Manajemen unit produksi di sekolah sebagai sarana pembelajaran (studi kasus di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 2 Malang) / Dina Ni'matul Maghfiroh. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Maghfiroh Dina Ni matul. 2015. Manajemen Unit Produksidi Sekolah sebagaiSaranaPembelajaran (StudiKasus di SMK Negeri 2 Malang). Skripsi.Program StudiAdministrasiPendidikanFakultasIlmuPendidikanUniversitasNegeri Malang.Pembimbing (1) Dr. H. Ahmad Yusuf Sobri S.Sos M.Pd (2)Ahmad Nurabadi S.Pd M.Pd. Kata kunci manajemen unit produksi sarana pembelajaran SekolahMenengahKejuruan (SMK) bertujuan untuk mencetak tenaga kerja yang terampil dan profesional untuk siap terjun langsung di dunia usaha maupun dunia industri serta selalu berusaha menyesuaikan keterampilan yang dimiliki lulusannya dengan mengembangkan sikap profesional. SMK melalui Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan Tahun 2007 membuat kebijakan dengan memberikan fasilitas untuk pengembangan program unit produksi (UP)di sekolah dengan salah satu tujuannya menjadikan SMK sebagai wahana kegiatan praktik pendidikan dan latihan yang berorientasi pada dunia kerja. Sepertihalnya SMKN 2 Malang yang telahmendirikanempatunit produksigunamendukungkegiatanpembelajaran di sekolahsesuaidenganacuandariDikmenjur (Pendidikan Menengah Kejuruan). Fokus penelitian ini adalah (1) perencanaan unit produksi (2) pelaksanaan unit produksi (3) pengevaluasian unit produksi (4) faktorpendukungdanpenghambat (5) solusiuntukmengatasihambatandalammanajemen unit produksi di SekolahMenengahKejuruanNegeri 2 Malang. Penelitianinimenggunakanpendekatankualitatifdenganjenispenelitianstudikasus.Dalampenelitianini penelitibertindaksebagaiinstrumenkunci yang merencanakan melaksanakan mengumpulkan data analisis data dansebagaipelaporpenelitian.Sumber data penelitianinidiperolehmelaluiteknikpengumpulan data yaituwawancara observasi dandokumentasi.Analisis data dilakukandengantiga proses yaitu reduksi data penyajian data danpenarikankesimpulanatauverifikasi data.Agar memperolehkeabsahan data makapenelitimelakukanpengecekankeabsahan data melalui triangulasi peningkatanketekunan menggunakanbahanreferensi danmembercheck. Hasil temuan penelitian ini meliputi (1) perencanaan yang dilakukan meliputi perencanaan sarana dan prasarana perencanaan pendanaan perencanaan perekrutan pegawai perencanaan struktur pengorganisasian dan perencanaan program kerja (2) pelaksanaan unit produksimeliputisistemadministrasi proses pengelolaan unit produksi kegiatan unit produksi dan hasil unit produksi (3) evaluasi unit produksimeliputievaluasikegiatan proses pengelolaandanevaluasikinerjapelaksanaproduksi (4) faktor pendukungunit produksiadalahkepuasankonsumen yang mampumeningkatkangairahkerjaparaopelaksanaproduksi sedangkanfaktor hambatannyaadalahpembagianwaktuparapengelolasekaliguspelaksanaproduksi yang sekaligusmemilikitugasmengajar serta solusi yang dilakukanadalahperekrutantenagakerja yang berasaldaripara alumni agar proses produksi bisaterusberlangsungapabilapihakpengelolatidakmemilikiwaktucukupuntukmembantupelaksanaan proses produksi. Berdasarkan hasil penelitian terdapat beberapa saran yang dapat peneliti ajukan (1) Kepala SMKN 2 Malang sebaiknya mampu memberi inovasi-inovasi unit produksi yang sudah ada menjadi unit produksi yang lebih baik dan dapat mewadahi peserta didik (2) Waka Humas SMKN 2 Malang bisa membantu pemasaran produk UP sehingga masyarakat di kalangan yang lebih luas bisa mengenal dan memanfaatkan UP yang ada di lingkungan SMKN 2 Malang (3) koordinator unit produksi SMKN 2 Malang hendaknya lebih banyak mengutamakan unit produksi yang dipegang karena unit produksi juga mempengaruhi proses pembelajaran peserta didik untuk mendapatkan fasilitas sebaik mungkin (4) guru produktif SMKN 2 Malang hendaknya dapat lebih mempersiapkan peserta didik untuk terjun ke dunia kerja yang sesungguhnya (5) peserta didik SMKN 2 Malang hendaknya mengikuti semua pembelajaran yang ada di kelas karena pembelajaran di kelas membekali peserta didik ketika turun ke lapangan dan (6) peneliti lain diharapkan dapat dijadikan sebagai bahan referensi dan wacana untuk mengembangkan lebih lanjut penelitian yang lain dan sejenisnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 24 Jun 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/3687

Actions (login required)

View Item View Item