Pengaruh corporate social responbility disclousure terhadap earning response coefficient pada perusahaan LQ45 periode 2009-2011 / Putra Arry Pribadi

Pribadi, Putra Arry (2015) Pengaruh corporate social responbility disclousure terhadap earning response coefficient pada perusahaan LQ45 periode 2009-2011 / Putra Arry Pribadi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pribadi, Putra Arry. Pengaruh Corporate Social Responsibility Disclousure terhadap Earning Response Coefficient pada Perusahaan LQ45 Periode 2009-2011. Skirpsi, Jurusan Akuntansi FE Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Satia Nur Maharani, S.E., M.Sa., Ak., (II) Dr. Puji Handayati, S.E., M.M., Ak. Kata Kunci: Corporate Social Responsibility Disclosure dan Earning Response Coefficient (ERC)     Penyediaan informasi dalam laporan keuangan merupakan keharusan yang disebabkan adanya permintaan berbagai pihak yang berkepentingan dengan laporan tersebut. Suatu informasi dianggap informative jika informasi tersebut mampu mengubah maupun dipertimbangkan para investor dalam mengambil keputusan investasi.     Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu apakah CSR dalam laporan tahunan berpengaruh terhadap ERC. Penelitian ini termasuk jenis penelitian eksplanasi (explanatory research). Penelitian eksplanasi merupakan penelitian yang berusaha menjelaskan hubungan kausal antara variabel-variabel penelitian melalui pengujian hipotesis tertentu.     Populasi penelitian ini adalah seluruh perusahaan LQ45 yang listing di Bursa Efek Indonesia pada periode 2009-2011. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier sederhana. Dari hasil penelitian dan pembahasan dengan menggunakan analisis regresi linier sederhana yang telah dilakukan maka dapat ditarik kesimpulan bahwa kontribusi variabel CSRI (Indeks Pengungkapan CSR) pada perusahaan LQ45 periode 2009 sampai 2011 memiliki nilai positif dengan koefisien sebesar 6,886. Artinya jika variabel CSRI (Indeks Pengungkapan CSR) pada perusahaan LQ45 periode 2009 sampai 2011 berubah atau mengalami kenaikan satu satuan maka Earnings Response Coefficient (ERC) akan mengalami peningkatan sebesar 6,886. Hasil analisis juga menunjukkan bahwa Earnings Response Coefficient (ERC) pada perusahaan LQ45 periode 2009 sampai 2011 dipengaruhi sekitar 43% oleh CSRI (Indeks Pengungkapan CSR) sedangkan sisanya sekitar 57% dijelaskan oleh variabel-variabel lain yang tidak termasuk dalam model penelitian ini.     Berdasar hasil penelitian, dapat disarankan sebagai berikut: (1) para investor hendaknya mempertimbangkan informasi-informasi sosial yang telah diungkapkan pihak manajemen perusahaan untuk melakukan investasi, (2) perusahaan sebaiknya tetap secara konsisten melakukan aktivitas sosialnya dan lingkungan serta melakukan pengungkapan sebagai nilai tambah perusahaan, (3) untuk peneliti selanjutnya yang ingin meneliti penelitian sejenis diharapkan untuk menggunakan jenis perusahaan yang lain selain LQ45 serta menambah periode dan memperbanyak jumlah sampel serta mengembangkan permasalahan lebih dari satu variabel independen.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Akuntansi (AKU) > S1 Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 13 Jan 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/36869

Actions (login required)

View Item View Item