Kusuma, Eki Robbi (2022) Pengembangan modul digital berbasis aplikasi canva tentang peristiwa g30s/pki untuk meningkatkan minat belajar dan kemampuan berpikir kritis siswa Kelas xii di MAN 1 Pasuruan / Eki Robbi Kusuma</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Pandemi covid membawa dampak pada cara belajar di ruang kelas yang awalnya tatap muka menjadi daring jarak jauh. Pada kelas daring siswa mengalami kesulitan sehingga menurunkan minat belajarnya. Pada pembelajaran sejarah siswa memiliki ketertarikan pada materi G30S/PKI beserta kontroversinya sehingga materi ini dapat dijadikan sebagai modal pengembangan untuk menarik minat siswa. Bahan ajar yang tersedia di lapangan masih berupa buku cetak dan sumber belajar masih terpisah antara materi yang diberikan guru dengan latihan soal. Modul adalah bahan ajar yang tepat dengan kondisi pembelajaran jarak jauh karena tidak hanya dapat digunakan di kelas namun juga diluar kelas siswa dapat belajar dengan materi yang sudah tersaji dan terintegrasi dengan latihan soal. Aplikasi canva dipilih karena kemudahan dalam merancang hingga melakukan publikasi secara daring sehingga dapat diakses oleh siswa dimanpun dan kapanpun. Tujuan penelitian pengembangan ini adalah menghasilkan sebuah bahan ajar berupa modul digital terkini yang dapat memudahkan siswa dan guru dalam mengelola pembelajaran jarak jauh terkait materi kontroversi G30S/PKI. Penelitian ini menggunakan prosedur penelitian Borg and Gall dengan sedikit perubahan oleh Sukmadinata menjadi tiga tahapan utama 1) studi pendahuluan 2) tahap pengembangan dan ke 3) uji model. Pada studi pendahuluan diperoleh data hasil validasi ahli materi dengan mendapatkan skor kuantitatif 89 7% dan data validasi ahli media mendapatkan skor kuantitatif 98 4%. Pada tahap pengembangan diperoleh data uji kemenarikan kelompok kecil 87 1% dan kelompok besar 88 1%. Tahapan selanjutnya untuk menguji efektivitas penggunaan produk dilakukan kuasi eksperimen dengan kelas eksperimen XII MIA 3 dan sebagai kelas kontrol adalah MIA 4. Pada uji minat kelas eksperimen sebelum dan sesudah mengalami kenaikan dari 62 0% ldquo berminat rdquo meningkat menjadi 87 1% ldquo sangat berminat rdquo dengan prosentase peningkatan 25 1%. Uji minat kelas kontrol tanpa diberikan modul mendapatkan skor 70% ldquo berminat rdquo . Pada uji pretes post-test untuk menguji kemampuan berpikir kritis siswa kelas kontrol mendapatkan rerata pretest sebesar 37 08 dan post test 39 66. Kelas eksperimen mendapatkan skor rerata 35 41 dan post-test 68 00. Uji kelas eksperimen mengalami peningkatan rerata 32 59 dibandingkan dengan kelas kontrol yang hanya meningkat 2 62. Hasil analisis data penelitian pengembangan yang telah dipaparkan dapat ditarik kesimpulan bahwa pengembangan modul digital G30S/PKI mampu meningkatkan minat belajar dan kemampuan berpikir kritis siswa kelas XII MAN 1 Pasuruan. Penurunan minat siswa dalam belajar dapat dirangsang dengan memberikan materi yang mereka sukai dan memberikan media yang dapat memudahkan mereka untuk belajar. Rendahnya pretest berpikir kritis pada materi G30S/PKI berkaitan juga dengan keterbatasan waktu dan kecenderungan menghindari pembahasan materi konterversial G30S/PKI di MAN.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S2 Pendidikan Sejarah |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 05 Jul 2022 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2022 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/368686 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |