Pengaruh strategi tutor sebaya terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar sejarah Kelas XI IPS SMAN 3 Blitar / Ardhaniswara</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh strategi tutor sebaya terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar sejarah Kelas XI IPS SMAN 3 Blitar / Ardhaniswara</p>

Ardhaniswara (2022) Pengaruh strategi tutor sebaya terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar sejarah Kelas XI IPS SMAN 3 Blitar / Ardhaniswara</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Ardhaniswara. 2022. Pengaruh Strategi Tutor Sebaya Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Sejarah kelas XI IPS SMAN 3 Blitar. Tesis Jurusan Pendidikan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Dewa Agung Gede Agung M.Hum. (2) Dr. Endang Sri Andayani SE M.Si Ak. Kata kunci Pembelajaran Sejarah Tutor Sebaya Kemampuan Berpikir Kritis Hasil Belajar Salah satu strategi pembelajaran kooperatif ialah stategi tutor sebaya. Tutor sebaya merupakan sebuah strategi pembelajaran dengan bantuan seorang siswa yang kompeten atau siswa yang menguasai materi untuk mengajar siswa lainnya yang belum menguasai. Hal ini bukan pendekatan kompetitif namun merupakan pendekatan kooperatif. Pembelajaran tutor sebaya bisa dijadikan alternatif dalam pembelajaran sejarah yang berorientasi pada peningkatan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa. Penelitian ini dilakukan untuk menguji apakah terdapat pengaruh dari strategi pembelajaran tutor sebaya terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa. Teori yang digunakan ialah teori konstrukstivisme Vygotsky dimana proses belajar peserta didik dipengaruhi oleh kondisi sosialnya. Hal ini sejalan dengan strategi tutor sebaya yang melibatkan lingkungan sosial nya atau dalam hal ini teman sebayanya dalam proses pembelajaran. Penelitian dilakukan dengan metode eksperimen semu dengan Pretest Posttest Nonequivalent Control Group Design. Sampel penelitian ini adalah kelas XI IPS 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPS 2 SMAN 3 Blitar sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian adalah tes yang terdiri atas tes kemampuan berpikir kritis dan tes hasil belajar. Teknik analisis yang digunakan adalah Independent Samples Test. Kelas eksperimen diberi perlakuan menggunakan pembelajaran tutor sebaya sementara satu kelas lainnya menggunakan pembelajaran ekspositori. Data kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar diperoleh dari pretest dan posttest pada akhir pembelajaran yang kemudian dianalisis menggunakan Independent T-test. Hasil penelitian ini diketahui bahwa hasil uji hipotesis diperoleh nilai Sig. Sebesar 0 000 lt 0 05 yang artinya Ho ditolak dan hipotesis penelitian diterima. Dengan demikian disimpulkan bahwa strategi tutor sebaya memiliki pengaruh signifikan terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar. Terbukti dari hasil nilai peserta didik yang meningkat. Pembelajaran tutor sebaya membuat peserta didik lebih aktif dan menikmati proses pembelajaran karena tidak ada rasa segan diantara teman sebayanya. Hasil tersebut menjelaskan bahwa strategi pembelajaran tutor sebaya berimplikasi terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar sejarah kelas XI IPS SMAN 3 Blitar.

Item Type: Thesis (Masters)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S2 Pendidikan Sejarah
Depositing User: library UM
Date Deposited: 16 Aug 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/368679

Actions (login required)

View Item View Item