Pengembangan bahan ajar e-hiscalmen (elektronik history local suplemen) peran kesultanan bulungan dalam mempertahankan Kemerdekaan Indonesia 1945-1950 untuk meningkatkan kesadaran sejarah dan hasil belajar siswa Kelas XI Sma Negeri se- Kota Tarakan. / Ainun Jariyah</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan bahan ajar e-hiscalmen (elektronik history local suplemen) peran kesultanan bulungan dalam mempertahankan Kemerdekaan Indonesia 1945-1950 untuk meningkatkan kesadaran sejarah dan hasil belajar siswa Kelas XI Sma Negeri se- Kota Tarakan. / Ainun Jariyah</p>

Jariyah , Ainun (2022) Pengembangan bahan ajar e-hiscalmen (elektronik history local suplemen) peran kesultanan bulungan dalam mempertahankan Kemerdekaan Indonesia 1945-1950 untuk meningkatkan kesadaran sejarah dan hasil belajar siswa Kelas XI Sma Negeri se- Kota Tarakan. / Ainun Jariyah</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pembelajaran sejarah yang berlangsung di Kota Tarakan terdapat beberapa permasalahan khususnya pada kelas XI SMA Negeri Se-Kota Tarakan. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara ditemukan bahwa guru merasa kesulitan dalam menjelaskan materi pada kompetensi dasar 3.10 yakni ldquo menganalisis bentuk perjuangan bangsa Indonesia dalam upaya mempertahankan kemerdekaan dari ancaman Sekutu dan Belanda rdquo karena selama ini dalam buku paket tidak termuat materi lokal mengenai kompetensi dasar tersebut. Sehingga siswa kurang mengetahui tentang sejarah di wilayah tempat tinggalnya. Dari permasalahan tersebut perlu adanya sebuah inovasi yakni pengembangan bahan ajar buku suplemen yakni E-HISCALMEN (Elektronik History Local Suplemen) dikemas dengan bentuk aplikasi dan memuat materi lokal dengan tema nasionalisme. Tujuan dari penelitian dan pengembangan ini adalah (1) menghasilkan produk bahan ajar yakni berupa E-HISCALMEN (2) meningkatkan kesadaran sejarah siswa kelas XI SMA Negeri se-Kota Tarakan dan (3) meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI SMA Negeri se-Kota Tarakan. Penelitian ini menggunakan metode research and development (R amp D) dengan model penelitian model ADDIE (Analyze Design Development Implementation Evaluation) dikembangkan oleh Raiser dan Molenda pada tahun 1990-an yang merupakan model desain pembelajaran atau pelatihan yang bersifat genetik. model ADDIE merupakan model pembelajaran yang bersifat umum dan sesuai digunakan untuk penelitian pengembangan ketika digunakan dalam pengembangan proses ini dianggap berurutan tetapi juga interaktif. Instrumen data yang digunakan oleh peneliti yakni wawancara obeservasi angket dan lembar validasi. Hasil penelitian dan pengembangan ini siswa kelas XI SMA Negeri Se- Kota Tarakan dapat memaparkan fakta terkait perjuangan Kesultanan Bulungan dalam mempertahankan Kemerdekan Indonesia kajian ini juga termasuk dalam tema nasionalisme lokal. Produk pengembangan ini mendapatkan hasil dari validasi produk yakni ahli materi sebesar 95% dan bahan ajar sebesar 95%. Untuk hasil presentase nilai dari uji coba kelompok kecil yang dilakukan pada 2 (dua) sekolah yakni mendapat presentase 91% untuk kepraktisan dan 92% untuk kemenarikan. Selanjutnya pada uji coba kelompok besar yang dilakukan pada 4 (empat) sekolah mendapat presentase 82% untuk kepraktisan dan 83% untuk kemenarikan. Setelah memperlajari produk bahan ajar E-HISCALMEN kesadaran sejarah siswa mendapatkan skor rata-rata 80 86% dan aspek hasil belajar mendapatkan rata-rata skor 93 20 %. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan produk E- HISCALMEN dapat dikategorikan sebagai bahan ajar yang valid efektif dan layak digunakan. Adapun saran bagi pengembang penelitian selanjutnya dapat mengangkat tema-tema lokal daerah lainnya serta mendesain produk bahan ajar lebih menarik dan terupdate lagi.

Item Type: Thesis (Masters)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S2 Pendidikan Sejarah
Depositing User: library UM
Date Deposited: 15 Aug 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/368677

Actions (login required)

View Item View Item