Rahmawati (2025) Pengembangan katalog infografis museum pembelajaran untuk menunjang kemampuan berpikir analitis dan literasi visual pengunjung mahasiswa sejarah UM / Rahmawati</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Rahmawati 2024. Pengembangan Katalog Infografis Museum Pembelajaran untuk Menunjang Kemampuan Berpikir Analitis dan Literasi Visual Pengunjung Mahasiswa Sejarah UM. Tesis. Program Studi Pendidikan Sejarah. Program Pascasarjana. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Indah Wahyu Puji Utami S.Pd. S.Hum. M.Pd. Ph.D dan (2) Dr. Ari Sapto M.Hum. Kata Kunci katalog infografis museum pembelajaran kemampuan berpikir analitis literasi visual. Museum Pembelajaran Universitas Negeri Malang (UM) memiliki peran penting sebagai sarana edukasi sejarah bagi mahasiswa namun penyajian informasi koleksi museum yang cenderung konvensional menjadi tantangan dalam meningkatkan pemahaman pengunjung. Informasi yang disajikan secara tekstual dinilai kurang menarik dan kurang efektif dalam mendukung kemampuan berpikir analitis serta literasi visual mahasiswa sejarah. Oleh karena itu diperlukan inovasi dalam bentuk media visual yang lebih menarik praktis dan edukatif. Salah satu produk yang dihasilkan adalah pengembangan katalog museum berbasis desain infografis yang mampu menyajikan informasi koleksi museum secara ringkas menarik dan mudah dipahami. Penelitian ini bertujuan untuk (1) menghasilkan produk katalog Museum Pembelajaran UM berbasis desain infografis (2) menguji validitas dan efektivitas penggunaan katalog sebagai media pendukung kemampuan berpikir analitis dan literasi visual mahasiswa sejarah Universitas Negeri Malang. Pemilihan katalog museum berbasis infografis sebagai media visual edukasi di Museum Pembelajaran UM karena dapat menyajikan informasi koleksi museum yang memiliki nilai sejarah secara ringkas menarik dan mudah dipahami oleh pengunjung. Metode penelitian dan pengembangan ini menggunakan model ADDIE yang meliputi lima tahapan analisis (analysis) perancangan (design) pengembangan (development) implementasi (implementation) dan evaluasi (evaluation). Tahap analisis dilakukan untuk mengidentifikasi kebutuhan pengembangan katalog infografis museum. Selanjutnya pada tahap perancangan dan pengembangan katalog dirancang dengan desain infografis yang menarik dan praktis serta dievaluasi oleh validator ahli. Tahap implementasi dilakukan melalui uji coba kelompok kecil dan besar yang diikuti oleh pre-test dan post-test untuk mengukur efektivitas katalog terhadap kemampuan berpikir analitis dan literasi visual mahasiswa. Evaluasi akhir dilakukan untuk penyempurnaan produk sebelum siap digunakan secara luas. Hasil penelitian dan pengembangan ini menunjukkan bahwa katalog museum berbasis desain infografis ini berhasil dikembangkan dan memenuhi kriteria validitas serta efektivitas. Validasi oleh ahli media menyatakan produk ini sudah valid tanpa revisi sementara ahli materi memberikan validasi dengan sedikit perbaikan. Pada tahap uji coba kelompok kecil yang melibatkan 9 mahasiswa sejarah UM memberikan umpan balik yang positif untuk menyempurnakan katalog sebelum diterapkan pada kelompok besar. Sedangkan uji coba kelompok besar melibatkan 23 mahasiswa hasil pre-test menunjukkan rata-rata kemampuan berpikir analitis sebesar 73% dan literasi visual sebesar 71% dengan ketuntasan 39% (9 mahasiswa). Setelah perlakuan berupa penggunaan katalog infografis museum hasil post-test menunjukkan peeningkatan signifikan dengan rata-rata mencapai 93% dan tingkat ketuntasan 100% (23 mahasiswa). Hal ini mengindikasikan bahwa penggunaan katalog infografis secara efektif mampu menunjang pengembangan kemampuan berpikir analitis dan literasi visual mahasiswa sejarah. Berdasarkan hasil penelitian dan pengembangan direkomendasikan agar katalog museum berbasis desain infografis ini dicetak dalam jumlah antara 30-50 eksamplar untuk dipajang di Museum Pembelajaran UM untuk digunakan sebagai media edukasi museum secara berkelanjutan. Selain itu disarankan agar pengelola museum mempertimbangkan pengembangan media serupa untuk koleksi museum lainnya guna meningkatkan daya tarik dan efektivitas pembelajaran bagi pengunjung. Pemanfaatan katalog ini juga dapat diintegrasikan dalam kegiatan pembelajaran sejarah agar lebih interaktif dan mendukung pemahaman konsep sejarah secara mendalam.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S2 Pendidikan Sejarah |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 09 May 2025 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2025 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/368672 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |