Hafida, Mellina Nur (2025) Pengembangan film dokumenter Sangkaning Reog Bulkiyo untuk menunjang kesadaran sejarah serta tanggap budaya mahasiswa sejarah Universitas Negeri Malang / Mellina Nur Hafida</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Film dokumenter dalam pembelajaran seringkali digunakan sebagai sumber belajar atau media pembelajaran. Film dokumenter dibuat berdasarkan kenyataan yang terjadi dengan demikian memerlukan riset mendalam untuk memastikan informasi yang disampaikan bermakna dan dapat dipertanggungjawabkan. Dalam dunia pendidikan khususnya pada mata kuliah seperti Silang Budaya dan Kearifan Lokal Nusantara. Filmdokumenter menjadi media kreatif untuk merepresentasikan realitas memperdalam pemahaman tentang budaya sejarah lokal kearifan lokal sekaligus untuk menunjang kesadaran sejarah dan tanggap budaya mahasiswa. Film dokumenter yang memuat narasi sejarah lokal budaya dan kearifan lokal dapat membantu mahasiswamemahami identitas dan warisan budaya mereka. Penyajian narasi yang menarik didukung menggunakan data dan fakta dapat memantik interpretasi kritis mahasiswa. Beberapa tantangan dalam pengintegrasian sejarah lokal ke dalam kurikulum mencakup kurangnya riset sumber daya terbatas dan fokus pada sejarah nasional yang lebih umum. Penelitian ini bertujuan mengembangkan film dokumenter untuk di uji validitas dan efektivitas terhadapkesadaran sejarah. Kesadaran sejarah ini dicirikan dengan beberapa indikator menyakini adanya fakta dan realitas dari peristiwa sejarah penghayatan makna dan hakikat sejarah sejarah sebagai pembinaan budaya sejarah sebagai pembinaan budaya mempertahankan peninggalan sejarah. Selanjutnya akan di uji validitas dan efektivitasnya terhadap Tanggap Budaya dengan beberapa aspek diantarannya memahami keberagaman budaya memahami identitas kebudayaannya penghayatan makna terhadap realitas budaya dan memahami pola nilai gagasan simbol ideologi budaya. Indikator Kesadaran Sejarah dan Tanggap Budaya akan dikembangkan menjadi pernyataan yang ditujukan kepada mahasiswa dalam bentuk angket. Dalam melakukan penggalian data peneliti menggunakan pendekatan Culturally Responsive Pedagogy yang menekankan pada narasi dalam konteks sejarah budaya lokal. Pengembangan film dokumenter ini diposisikan sebagai media pembelajaran agar dapat memberikan pengalaman belajar yang lebih bermakna menghubungkan masa lalu dengan masa kini serta mendukung pemahaman terhadap keanekaragaman budaya Indonesia. Penelitian pengembangan ini menggunakan model ADDIE sehingga dapat menghasilkan produk media pembelajaran film dokumenter Sangkaning Reog Bulkiyo. Tahapan penelitian pengembanggan ini terdiri atas fase analyze design development implementation and evaluation. Hasil dari penelitian dan pengembangan ini menunjukkan film Sangkaning Reog Bulkiyo mendapatkan penilaian dari ahli materi sebesar 97% dan ahli media sebesar 100%. Hal ini menunjukkan produk film dokumenter ini masuk dalam kategori sangat valid. Hasil uji coba lapangan pada kelompok kecil memperoleh persentase sebesar 84 7 % yang berarti masuk dalam kategori valid. Uji coba kelompok besar menunjukkan persentase 92 9% yang masuk dalam kategori penilaian sangat valid. Hasil penilaian kesadaran sejarah pre-test 75% hasil post- test 94 3% hal ini menunjukkan gain score sebesar 19 3 %. Hasil penilaian tanggap budaya menunjukkan persentase pada hasil pre-test 74 8% dan post-test 94%. Hal ini menunjukkan gain score sebesar19 2%. Berdasarkan hasil validitas ahli materi ahli media dan uji coba dilapangan maka dapat disimpulkan bahwa film dokumenter Sangkaning Reog Bulkiyo masuk dalam kategori valid efektif dan layak digunakan. Dengan demikian film ini layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran secara berkelanjutan pada mata kuliah Silang Budaya dan Kearifan Lokal Nusantara. Langkah selanjutnya diperlukan banyak screening untuk meningkatkan kualitas media film dokumenter ini.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S2 Pendidikan Sejarah |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 19 May 2025 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2025 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/368671 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |