Almarisi, Ahmad (2025) Evaluasi program pelatihan penguatan wawasan kebangsaan di Balai Besar Guru Penggerak Provinsi Jawa Timur: analisis nilai-nilai sejarah / Ahmad Almarisi</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Pelatihan Penguatan Wawasan Kebangsaan di Balai Besar Guru Penggerak (BBGP) Jawa Timur dirancang untuk memperkuat pemahaman nilai-nilai sejarah dan kebangsaan di kalangan pendidik yang diharapkan dapat diteruskan kepada generasi muda. Meskipun memiliki tujuan mulia dalam membangun karakter nasional program ini menghadapi berbagai tantangan termasuk metode pengajaran yang kurang relevan dengan kebutuhan peserta serta minimnya pendekatan interaktif yang mampu meningkatkan keterlibatan aktif. Selain itu absennya program tindak lanjut pasca-pelatihan membuat peserta kesulitan untuk mengaplikasikan wawasan yang diperoleh sehingga efektivitas pelatihan dalam menanamkan nilai-nilai kebangsaan menjadi kurang optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi keterpaduan kelengkapan kualitas implementasi dan efektivitas pelatihan penguatan wawasan kebangsaan serta tingkat pemahaman peserta terhadap nilai-nilai sejarah. Penelitian ini menggunakan model evaluasi CIPP (Context Input Process Product) untuk menilai efektivitas program Pelatihan Penguatan Wawasan Kebangsaan yang berlangsung sejak 2019 hingga 2023 di BBGP Provinsi Jawa Timur. Data diperoleh melalui analisis dokumen kuesioner dan wawancara dengan fokus pada konteks pelatihan kualitas materi proses pelaksanaan serta hasil pembelajaran. Analisis data dilakukan secara kuantitatif dan kualitatif menggunakan metode Miles dan Huberman serta triangulasi untuk memastikan validitas temuan. Hasil evaluasi memberikan gambaran komprehensif terkait keberhasilan program dan rekomendasi untuk perbaikan di masa mendatang. Hasil penelitian mengungkapkan 1) Wawasan kebangsaan yang berlandaskan nilai-nilai Pancasila UUD 1945 dan Bhinneka Tunggal Ika menjadi fondasi penting dalam memperkuat identitas nasional di mana melalui pelatihan inovatif BBGP Jawa Timur para guru dibekali keterampilan untuk menanamkan nilai kebangsaan guna menciptakan generasi muda yang cinta tanah air toleran dan kompetitif. 2) Analisis silabus pelatihan menunjukkan bahwa struktur modul dirancang untuk memberikan pengalaman pembelajaran yang komprehensif dan relevan bagi peserta dengan mengintegrasikan nilai-nilai kebangsaan seperti multikulturalisme sejarah perjuangan bangsa Pancasila posisi strategis Indonesia dan harmonisasi sosial melalui pendekatan pembelajaran yang interaktif. 3) Pelatihan wawasan kebangsaan di Balai Besar Guru Penggerak Jawa Timur bertujuan meningkatkan pemahaman nilai kebangsaan di lingkungan pendidikan melalui metode interaktif seperti ceramah diskusi simulasi dan proyek berbasis isu lokal meskipun menghadapi tantangan inovasi pengajaran adaptasi materi serta pemanfaatan teknologi yang diharapkan dapat diatasi dengan pendekatan lebih fleksibel kolaboratif dan terintegrasi media digital. 4) Pelatihan Penguatan Wawasan Kebangsaan di Balai Besar Guru Penggerak Jawa Timur berhasil meningkatkan pemahaman peserta tentang nilai-nilai kebangsaan meskipun sebagian besar soal pre- dan post-test lebih fokus pada pengetahuan faktual daripada internalisasi sikap sehingga disarankan menambahkan soal berbasis refleksi dan studi kasus yang relevan dengan tantangan era digital metode pembelajaran interaktif juga diapresiasi namun perlu penyesuaian waktu untuk memperdalam topik agar lebih efektif dalam membentuk karakter kebangsaan yang adaptif di era modern. 5) Pelatihan penguatan wawasan kebangsaan telah berhasil memperkuat nilai nasionalisme patriotisme dan identitas kebangsaan di tengah keberagaman dengan menekankan peran guru dalam mengajarkan Pancasila UUD 1945 Bhinneka Tunggal Ika serta semangat kebangsaan kepada generasi muda melalui diskusi simulasi dan proyek kolaboratif. Namun pelatihan perlu disesuaikan dengan isu lokal menggunakan teknologi pembelajaran modern dan memperbarui materi agar relevan dengan tantangan globalisasi. Selain itu seleksi peserta yang transparan dan berbasis meritokrasi juga penting untuk memastikan dampak pelatihan yang optimal guna membangun generasi yang berwawasan kebangsaan dan siap bersaing global.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S2 Pendidikan Sejarah |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 19 Feb 2025 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2025 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/368665 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |