Byla, Najlah Shalsa (2025) Pengembangan suplemen bahan ajar e-modul pendidikan lingkungan hidup berbasis kontekstual learning TPA sampah Pabentengang Kabupaten Gowa / Najlah Shalsa Byla</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Bahan ajar mata kuliah Pendidikan Lingkungan Hidup (PLH) yang digunakan oleh dosen dan mahasiswa dalam kegiatan pembelajaran PLH terbatas pada satu bahan ajar yaitu modul cetak yang isinya masih bersifat konseptual yaitu tidak mengaitkan materi atau konsep dengan permasalahan atau fenomena yang terjadi di lingkungan peserta didik. Hal ini menyebabkan pembelajaran mata kuliah ini menjadi kurang menarik inovatif dan bermakna karena tidak menghadirkan keterkaitan materi dengan permasalahan di lapangan yang dapat mengarahkan mahasiswa ke pembelajaran aktif guna menghasilkan solusi yang konkret terkait permasalahan yang ada sehingga dibutuhkan sebuah suplemen bahan ajar yang uraian materinya berasal dari fenomena atau permasalahan lingkungan aktual contohnya permasalahan sampah dan pengelolaannya di TPA Pabentengang. Kebutuhan inilah yang menjadikan peneliti tertarik untuk mengembangkan sebuah suplemen bahan ajar e-Modul berbasis pembelajaran kontekstual pada mata kuliah PLH yang kajiannya berasal dari permasalahan di TPA Pabentengang Kabupaten Gowa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (R amp D) dengan berpedoman pada model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahapan pengembangan. Penyusunan produk pengembangan ini berpedoman pada standar kelayakan bahan ajar dengan tiga aspek penilaian utama yaitu aspek isi penyajian dan grafika. Penilaian kelayakan produk ini dilakukan oleh validator yang terdiri dari dosen ahli media dan materi. Adapun untuk subjek uji coba dalam penelitian ini melibatkan mahasiswa Prodi Pendidikan Geografi di Jurusan Geografi FMIPA Univeritas Negeri Makassar yang berjumlah 25 mahasiswa. Berdasarkan hasil validasi produk diketahui bahwa validasi pertama produk pengembangan mendapatkan sebesar 83 33 % dari dosen ahli materi dan ahli media mendapatkan hasil penilaian aspek penyajian 60% dan aspek grafika 60%. Hasil ini mendapatkan beberapa saran perbaikan sehingga perlu dilakukan revisi. Setelah dilakukan revisi produk kembali divalidasi dan mendapatkan penilaian sebesar 100% dari dosen ahli materi dan ahli media pada aspek penyajian 90% dan grafika 87%. Selain itu uji coba respon produk pengembangan juga mendapatkan skor persentase sebesar 74.47% dengan kriteria baik/layak. Dari hasil ini produk pengembangan suplemen bahan ajar e-Modul PLH berbasis pembelajaran kontekstual yang kajiannya berasal dari permasalahan lingkungan sampah di TPA Pabentengang dinyatakan layak atau dapat digunakan dalam pembelajaran Pendidikan Lingkungan Hidup.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S2 Pendidikan Geografi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 04 Feb 2025 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2025 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/368638 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |