Ibrahim (2025) Pengaruh differentiated dengan model experiential learning terhadap keterampilan geografi siswa SMA / Ibrahim</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Proses pembelajaran monoton sumber belajar tidak efektif serta kurang inovasi dalam menerapkan model pembelajaran bervariasi sesuai minat belajar siswa. Hal ini berdampak negatif terhadap keterampilan geografi siswa. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh differentiated dengan model experiential learning terhadap keterampilan geografi siswa SMA. Jenis penelitian Quasi Eksperiment Pretest Posttest Non Equivalent Control Group Design dengan pendekatan kuantitatif melibatkan sampel dari kelas XI IPS 1 yang terdiri dari 30 siswa sebagai kelompok eksperimen dan kelas XI IPS 2 yang berjumlah 30 siswa sebagai kelompok kontrol dengan jumlah total populasi sebanyak 113 siswa yang terbagi dalam empat kelas. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes tulis dalam bentuk essay berjumlah 5 item butir soal yang disesuaikan dengan indikator keterampilan geografi tes diperoleh melalui pelaksanaan pretest dan posttest. Hasil uji hipotesis akhir (Uji t) yang dilakukan menggunakan aplikasi SPSS Versi 25.0 For Windows menunjukkan bahwa rata-rata keterampilan geografi siswa di kelas eksperimen sebesar 79 17 sedangkan di kelas kontrol rata-rata nilai yang diperoleh sebesar 73 17. Nilai signifikan (sig) (2-tailed) sebesar 0 004 lt 0 05. Maka dapat disimpulkan Ho ditolak dan Ha diterima artinya terdapat pengaruh differentiated dengan model experiental learning terhadap keterampilan geografi siswa SMA.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S2 Pendidikan Geografi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 31 Jan 2025 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2025 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/368633 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |