Penerapan model pembelajaran think pair share dan talking stick meningkatkan hasil belajar akuntansi siswa kelas XI IPS SMA Taman Siswa (Taman Madya) tahun ajaran 2013-2014 / Deka Haryan Dini - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran think pair share dan talking stick meningkatkan hasil belajar akuntansi siswa kelas XI IPS SMA Taman Siswa (Taman Madya) tahun ajaran 2013-2014 / Deka Haryan Dini

Dini, Deka Haryan (2014) Penerapan model pembelajaran think pair share dan talking stick meningkatkan hasil belajar akuntansi siswa kelas XI IPS SMA Taman Siswa (Taman Madya) tahun ajaran 2013-2014 / Deka Haryan Dini. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Haryan Dini Deka. 2014. Penerapan Model Pembelajaran Think Pair Share dan Talking Stick untuk Meningkatkan Hasil Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI IPS 1 SMA Taman Siswa (Taman Madya) Tahun Ajaran 2013-2014 Skripsi Jurusan Akuntansi Program Studi Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. H. Sumadi S.E. M.M (II) Dr. Eka Ananta Sidharta S.E. M.M. Ak Kata kunci Model Pembelajaran Think Pair Share Talking Stick Hasil Belajar 12288 12288 12288 12288 Masalah yang sering dijumpai dalam proses belajar mengajar adalah siswa yang masih bersikap pasif dalam menerima pelajaran dan cenderung kurang berani dalam mengemukakan ide serta presentasi di depan kelas. Salah satu alternatif metode pembelajaran yang dapat digunakan oleh guru dalam upaya meningkatkan hasil belajar siswa adalah menggunakan model pembelajaran Think pair Share dan Talking Stick. Dimana dalam penelitian ini memiliki tujuan untuk meningkatkan hasil belajar akuntansi siswa kelas XI IPS1 SMA Taman Siswa (Taman Madya) Malang. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan pendekatan kualitatif dan dilakukan dengan dua siklus dimana tiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu (1) perencanaan (2) pelaksanaan (3) pengamatan dan (4) refleksi. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS 1 SMA TamanSiswa Malang. Instrument yang digunakan untuk pengumpulan data dalah lembar observasi guru dan siswa angket siswa dan tes hasil belajar. 12288 12288 12288 12288 Dari hasil penelitian yang telah dilakukan dapat diketahui bahwa penerapan model pembelajaran Think Pair Share dan Talking Stick dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini terbukti dari hasil pada siklus I pada aspek kognitif sebesar 57% (pre test) dan 63% (post test) sedangkan pada aspek afektif yaitu 61%.sedangkan dalam siklus II pada aspek kognitif sebesar 72% (pre test) dan 81% (post test) sedangkan pada aspek afektif yaitu 85%. 12288 12288 12288 Saran yang diakukan adalah Bagi guru adalah (1) Bagi guru mata pelajaran akuntansi di SMA Taman Siswa Malang disarankan untuk menerapkan Model Pembelajaran Think Pair Share dan talking Stick namun hendaknya disesuaikan dengan materi yang akan diajarkan dan lingkungan belajar siswa selain itu bisa dijadikan sebagai salah satu alternatif pembelajaran di dalam kelas dalam rangka meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi. (2) Bagi sekolah Penerapan Model Pembelajaran Think Pair Share dan Talking Stick dapat digunakan sebagai pertimbangan pengembangan strategi pembelajaran bagi mata pelajaran yang lain sehingga dapat meningkatkan mutu pendidikan di SMA Taman Siswa Malang. (3)Bagi peneliti Penelitian ini hendaknya dapat diteruskan oleh peneliti selanjutnya dengan kelas sekolah dan materi yang berbeda. Untuk kesempurnaan Penerapan Model Pembelajaran Think Pair Share dan Talking Stick maka harus disediakan alokasi waktu yang cukup agar tidak mengurangi tahap-tahap yang harus dilakukan dalam II metode pembelajaran tersebut dan mendapatkan hasil optimal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 18 Nov 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/36863

Actions (login required)

View Item View Item