Hubungan penggunaan sarana dan prasarana sekolah dengan keefektifan pembelajaran di sekolah alam se-kota Malang / Lutfia Ambarwati - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan penggunaan sarana dan prasarana sekolah dengan keefektifan pembelajaran di sekolah alam se-kota Malang / Lutfia Ambarwati

Ambarwati, Lutfia (2015) Hubungan penggunaan sarana dan prasarana sekolah dengan keefektifan pembelajaran di sekolah alam se-kota Malang / Lutfia Ambarwati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Ambarwati Lutfia. 2015. Hubungan Penggunaan Sarana dan Prasarana Sekolah dengan Keefektifan Pembelajaran di Sekolah Alam se-Kota Malang. Skripsi. Program Studi S1- Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Hj. Maisyaroh M.Pd (2) Dr. Asep Sunandar S.Pd M.AP. Kata Kunci penggunaan sarana dan prasarana sekolah alam keefektifan pembelajaran Salah satu pilar penting dalam meningkatkan kualitas manusia adalah pendidikan. Lembaga pendidikan memiliki peran dan fungsi untuk mempersiapkan sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas. Keberhasilan proses belajar mengajar sangat dipengaruhi oleh banyak faktor antara lain tersedia sarana dan prasarana pendidikan yang memadai serta pemanfaatan dan pengelolaan secara optimal Kelengkapan dan ketersediaan sarana dan prasarana sekolah dapat digunakan dan dimanfaatkan dengan baik apabila ada keaktifan dari penggunanya. Pengguna aktif dalam hal ini adalah guru karena guru merupakan salah satu komponen penting dalam sistem pendidikan. Sekolah alam merupakan lembaga pendidikan alternatif yang kini menjadi inovasi di dunia pendidikan. Sekolah alam ini juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas pendidikan lainnya selain dari pemanfaatan lingkungan. Sarana dan prasarana pendidikan juga termasuk hal penting untuk menunjang kegiatan belajar-mengajar di sekolah alam. Hal ini ditunjukkan secara tidak langsung keinginan untuk mencapai tujuan dalam pengajaran guru juga dipengaruhi oleh penggunaan sarana dan prasarananya serta pemanfaatan lingkungan sekitar. Adapun sarana dan prasarana pendidikan yang tersedia di sekolah alam seperti ruang kelas/saung kelas saung perpustakaan ruang kantor/saung kantor perabot sekolah laboratorium alam dan media-media yang digunakan dalam pengajaran. Dengan demikian keahlian pengelolaan yang baik dan penggunaan serta pemanfaatan yang tepat sangat dibutuhkan demi terlaksananya pembelajaran yang efektif. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan tingkat penggunaan sarana dan prasarana sekolah di Sekolah Alam se-Kota Malang (2) mendeskripsikan tingkat keefektifan pembelajaran di Sekolah Alam se-Kota Malang (3) mengetahui hubungan penggunaan sarana dan prasarana sekolah dengan keefektifan pembelajaran di Sekolah Alam se-Kota Malang. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode deskriptif korelasional. Penelitian ini dilakukan di Sekolah Alam se-Kota Malang dengan responden guru sebanyak 87 orang. Penelitian ini mempunyai 2 variabel yaitu variabel bebas (penggunaan sarana dan prasarana sekolah) dan variabel terikat (keefektifan pembelajaran di Sekolah Alam se-Kota Malang). Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen angket. Untuk uji kelayakan instrumen digunakan uji validitas dan uji reliabilitas dengan menggunakan bantuan SPSS for windows versi 16.00.Berdasarkan hasil analisis hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) penggunaan sarana dan prasarana sekolah di Sekolah Alam se-Kota Malang berada pada kriteria sedang (2) keefektifan pembelajaran di Sekolah Alam se-Kota Malang berada pada kriteria sedang (3) terdapat hubungan yang positif dan signifikan penggunaan sarana dan prasarana sekolah dengan keefektifan pembelajaran di Sekolah Alam se-Kota Malang. Berdasarkan kesimpulan hasil penelitian saran yang dapat diberikan sebagai berikut (1) Bagi Kepala Sekolah Alam se-Kota Malang perbaikan dan penyempurnaan dalam pelaksanaan manajemen sarana dan prasarana sekolah sebaiknya dikembangkan secara terus menerus. Dengan menyesuaikan perkembangan perubahan yang terjadi di dunia pendidikan serta penyempurnaan konsep sekolah dalam konteks sekolah alam yang lebih mendalam (2) Bagi Guru di Sekolah Alam se-Kota Malang diharapkan guru di Sekolah Alam se-Kota Malang dengan segera meningkatkan wawasan kemampuan dan selalu berinovasi dalam pemanfaatan sarana dan prasarana sekolah khususnya pada penggunaan sumber belajar alamiah yang terkait dengan pembelajaran sekolah (3) Bagi Peserta Didik di Sekolah Alam se-Kota Malang hendaknya peserta didik dapat memanfaatkan sarana dan prasarana sekolah yang ada baik itu sarana dan prasarana alamiah atau buatan secara optimal. Hal tersebut sangat mempengaruhi peserta didik dalam mengikuti pembelajaran dan rasa tanggung jawab akan penggunaan sarana dan prasarana sekolah tersebut ditanamkan pada diri peserta didik. (4) Bagi Mahasiswa Jurusan Administrasi Pendidikan disarankan agar lebih memperhatikan hal-hal yang berhubungan dengan sarana dan prasarana sekolah khususnya sarana dan prasarana sekolah alam sehingga dapat mengembangkan sarana dan prasarana sekolah alam menjadi lebih bervariatif untuk mewujudkan pembelajaran berdasarkan konsep alam yang lebih efektif (5) Bagi Peneliti Lain penelitian ini dapat digunakan sebagai bahan rujukan untuk melakukan penelitian selanjutnya. Apabila ingin melakukan penelitian yang sejenis sebaiknya penelitian ini lebih dikembangkan lagi secara lengkap dengan subjek yang berbeda serta lebih mengembangkan variabel sub-variabel dan indikator yang ada misalnya meneliti tentang pengembangan dan pengadaan sarana dan prasarana di Sekolah Alam.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 24 Jun 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/3686

Actions (login required)

View Item View Item