Pengaruh pengumuman Corporate Governance Perception Index (CGPI) terhadap reaksi investor pada perusahaan yang terdaftar di Corporate Governance Perception Index (CGPI) tahun 2010-2012 / Aulia Azzardina - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh pengumuman Corporate Governance Perception Index (CGPI) terhadap reaksi investor pada perusahaan yang terdaftar di Corporate Governance Perception Index (CGPI) tahun 2010-2012 / Aulia Azzardina

Azzardina, Aulia (2014) Pengaruh pengumuman Corporate Governance Perception Index (CGPI) terhadap reaksi investor pada perusahaan yang terdaftar di Corporate Governance Perception Index (CGPI) tahun 2010-2012 / Aulia Azzardina. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Azzardina Aulia. 2014. Pengaruh Pengumuman Corporate Governance Perception Index terhadap Reaksi Investor. Skripsi Program Studi S1 Akuntansi Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Bambang Sugeng S.E. M.A. M.M.Ak Pembimbing (II) Dr. H. Tuhardjo S.E. M.Si. Ak. Kata Kunci Pengumuman Corporate Governance Perception Index Reaksi Investor. 12288 12288 12288 12288 Pendirian suatu perusahaan tidak lepas dari suatu harapan akan usia hidup yang panjang. Keberlangsungan hidup perusahaan bergantung pada kemandirian perusahaan akan kebutuhan modal. Perusahaan memanfaatkan berbagai sumber suntikan modal terutama dari para investor. Para investor membutuhkan keyakinan bahwa kepentingan mereka akan terpenuhi dengan tetap mendapatkan perlakuan baik dari perusahaan. Good Corporate Governance memastikan bahwa investor mendapatkan perlakuan tersebut. Dampaknya pengumuman pemeringkatan Corporate Governance Perception Index (CGPI) akan mendapatkan respon positif dari para investor yang berkepentingan dengan perusahaan terdaftar di CGPI. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui apakah pengumuman CGPI berpengaruh terhadap reaksi investor melalui adanya perbedaan volume perdagangan saham antara sebelum dan sesudah pengumuman CGPI. Populasi penelitian ini adalah seluruh perusahaan yang terdaftar di CGPI dan listing di Bursa Efek Indonesia (BEI) yaitu sebanyak 99 perusahaan selama tahun 2010 hingga 2012. Dengan sampel sebanyak 13 perusahaan. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purpossive sampling. Analisis data menggunakan uji beda (t-test) untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh pengumuman CGPI terhadap reaksi investor melalui adanya perbedaan volume perdagangan saham antara sebelum dan sesudah pengumuman CGPI. Kesimpulan dari penelitian ini adalah tidak terdapat perbedaan volume perdagangan saham antara sebelum dan sesudah pengumuman CGPI sehingga pengumuman CGPI tidak berpengaruh terhadap reaksi investor. Disarankan pada penelitian selanjutnya untuk mengelompokkan sampel dengan menambah kriteria sampel yang lebih spesifik agar mendapatkan hasil yang lebih representatif.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Akuntansi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 18 Nov 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/36859

Actions (login required)

View Item View Item