Ilzam, Moch. (2025) Pengembangan media pembelajaran videografis pada materi sumberdaya alam untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa SMA / Moch. Ilzam</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Pembelajaran geografi berperan penting dalam membentuk individu yang komprehensif dan berpikiran terbuka. Pemahaman mengenai struktur dan dinamika bumi dapat ditingkatkan melalui media pembelajaran yang menarik sehingga siswa dapat terlibat aktif dalam proses belajar dan mengembangkan kemampuan berpikir kritis. Media pembelajaran seperti videografis dapat membantu menjelaskan materi yang kompleks seperti sumber daya alam dengan cara yang lebih interaktif dan mudah dipahami. Hal ini akan meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa dalam menghadapi isu-isu sosial ekonomi dan lingkungan. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menguji efektivitas media pembelajaran videografis pada materi sumber daya alam guna meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa SMA Metodologi Penelitian dan Pengembangan (R amp D) digunakan untuk merancang dan menilai media pembelajaran baru yang dapat diimplementasikan dalam bidang pendidikan. Penelitian ini berkonsentrasi pada pembuatan dan validasi sumber daya pendidikan geografi berbasis videografi untuk siswa SMA/MA yang berfokus pada materi SDA. Model pengembangan ADDIE telah dipilih karena kerangka kerjanya yang komprehensif dan sistematis yang memastikan bahwa proses pengembangan disengaja efektif dan menghasilkan produk berkualitas tinggi yang terkait dengan kebutuhan pendidikan. Temuan menunjukkan bahwa metode pedagogis tradisional seperti kuliah dan penggunaan buku teks relatif tidak efektif dalam memfasilitasi pemahaman siswa tentang konsep-konsep rumit seperti konsekuensi penambangan pasir. Sebaliknya penerapan videografi dalam kelas eksperimental menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam pemahaman siswa dan keterampilan analitis kritis. Melalui visualisasi otentik penyelidikan dan interaktivitas videografi berfungsi untuk melibatkan siswa dalam analisis data memahami interaksi antara keuntungan ekonomi dan konsekuensi lingkungan dan mengartikulasikan argumen yang kuat. Didasarkan pada teori konstruktivis media ini menawarkan pengalaman pendidikan yang lebih mendalam dan bermakna sehingga secara substansif meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S2 Pendidikan Geografi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 05 Feb 2025 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2025 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/368554 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |