Khalidy, Diky Al (2025) Efektivitas model inquiry-based learning terintegrasi livie terhadap immersive learning experience dan student's information processing / Diky Al Khalidy. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) Menganalisis potensi Geosite Pantai Grajagan untuk melakukan geoeducation dalam pembelajaran Geografi fisik (2) Mengembangkan dan menguji efektivitas media pembelajaran berbasis Virtual Reality (VR) (3) Mengeksplorasi persepsi siswa terhadap VR Geopark Ijen sebagai media pembelajaran dalam pembelajaran Geografi fisik dan (4) Memberikan pelatihan pengembangan dan penggunaan teknologi VR kepada guru. Pendekatan yang digunakan adalah mix method diantaranya deskriptif kualitatif untuk menganalisis potensi kajian geosite model SAM (Successive Approximation Model) untuk mengembangkan dan menguji efektivitas media pembelajaran berbasis VR analisis statistik untuk mengetahui pengalaman siswa menggunakan media pembelajaran VR dan partisipatif dari guru dalam mengembangkan dan penggunakan VR. Penelitian ini dilakukan di (1) Geosite Pantai Grajagan Banyuwangi (2) Universitas Negeri Malang Malang (3) SMA Zainul Hasan Probolinggo dan (4) SMA Negeri 4 Madiun. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi wawancara angket/kuesioner dan tes. Analisis data menggunakan analisis data kualitatif dan kuantitatif yaitu deskriptif kualitatif deskriptif statistik dependent sample t test (paired sample t test) uji size effect cohen rsquo s d dan uji n-gain. Hasil penelitian menunjukkan (1) Geosite Pantai Grajagan memiliki objek kajian yang dapat digunakan pada materi litosfer yang meliputi sejarah geologi regional proses pembentukan batuan kondisi geologi dan geomorfologi dan karakteristik batuan (2) Media pembelajaran berbasis VR dengan branding Hydro Trail Reality Brantas River Flow berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar mahasiswa (p-value lt 0.001) dengan efektivitas terkategori sedang dan cukup efektif (n-gain 0.56) (3) Immersive learning experience terkategori sangat baik yang ditunjukkan oleh mayoritas aspek bernilai diatas 4 dan (4) Adanya peningkatan terhadap pengetahuan dan keterampilan dalam mengembangkan serta mengimplementasikan media pembelajaran berbasis VR. Hasil ini menunjukkan lingkungan fisik Geopark Ijen dapat menjadi sumber belajar relevan dalam mempelajari kajian fisik Geografi. Pemanfaatan media VR dapat membantu siswa menjelajahi lingkungan secara virtual tanpa harus menuju lokasi secara langsung sehingga berpengaruh signifikan terhadap aspek kognitif yang ditunjukkan oleh hasil belajar. Persepsi serta pengalaman siswa terhadap penggunaan media menunjukkan respon positif dari berbagai aspek maupun indikator. Selain itu pengetahuan dan keterampilan guru dalam mengembangkan dan menggunakan media pembelajaran berbasis VR secara berkelanjutan.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S2 Pendidikan Geografi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 05 May 2025 04:29 |
Last Modified: | 12 Jun 2025 03:35 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/368552 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |