Cendikia, Mega Rizka (2025) Pengembangan media video lahan karst berbantuan arcgis story maps pada sub bab litosfer untuk meningkatkan hasil belajar siswa SMA/MA / Mega Rizka Cendikia</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Media pembelajaran geografi yang digunakan sebagian guru di dalam kelas belum sepenuhnya memanfaatkan teknologi informasi dan kurang kontekstual sehingga media pembelajaran yang digunakan kurang bervariasi dan kurang sesuai dengan lingkungan sekitar. Pembelajaran yang hanya mengandalkan bahan ajar buku cetak media gambar dan power point sederhana menyebabkan siswa kurang memahami materi yang bersifat abstrak. Penggunaan media pembelajaran yang sesuai dengan materi dapat menarik minat belajar siswa sehingga hasil belajar dapat ditingkatkan. Media audiovisual dapat menjadi alternatif untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Pengembangan media pembelajaran audiovisual berupa video pembelajaran diharapkan dapat mengatasi kesulitan siswa dalam memahami materi dengan mudah. Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengembangkan media video lahan karst berbantuan ArcGIS Story Maps pada sub bab litosfer siswa SMA/MA 2) menguji efektivitas media video lahan karst berbantuan ArcGIS Story Maps untuk meningkatkan hasil belajar sub bab litosfer pada siswa SMA/MA. Penelitian dan pengembangan ini dilakukan menggunakan model ADDIE (Analyze Design Development Implementation and Evaluate). Analyze kebutuhan media didasarkan pada hasil analisis kurikulum analisis materi dan analisis kebutuhan media pembelajaran. Design merancang tampilan dan isi media video lahan karst berbantuan ArcGIS Story Maps. Development merupakan proses pengembangan media dan melakukan uji validasi media dan validasi materi untuk menguji kelayakan media serta melakukan uji coba media skala kecil. Implementation dilakukan dengan uji coba produk skala besar untuk mendapatkan respon siswa dan guru. Evaluate dilakukan dengan quasi eksperimen untuk mengetahui efektivitas media video lahan karst berbantuan ArcGIS Story Maps terhadap hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan media video lahan karst berbantuan ArcGIS Story Maps berdasarkan penilaian validator ahli media dan ahli materi layak digunakan. Hasil uji ANCOVA menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan media video lahan kast berbantuan ArcGIS Story Maps terhadap hasil belajar siswa dengan besaran nilai determinasi sebesar 0 366 artinya kekuatan pengaruh media video lahan karst berbantuan ArcGIS Story Maps terhadap hasil belajar sebesar 36% termasuk kategori sedang. Hasil nilai rata ndash rata N-gain score untuk kelas eksperimen yang menggunakan media video lahan karst sebesar 76 68% artinya hasil penggunaan media video lahan karst berbantuan ArcGIS Story Maps termasuk dalam kategori efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Hasil rata ndash rata N-gain score kelas kontrol sebesar 60 87% yang artinya media power point termasuk dalam kategori cukup efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Hasil N-gain score menunjukkan nilai signifikansi 0 00 yang artinya terdapat pengaruh yang signifikan pada kelas eksperimen yang menggunakan media video lahan karst berbantuan ArcGIS Story Maps.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S2 Pendidikan Geografi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 02 May 2025 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2025 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/368551 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |