Nisnala, Wisang Elang Fajar (2025) Pengaruh spatial-problem based learning (SPBL) berbantuan storymaps dengan self-assessment terhadap skilled spatial thinking of geography dan written & oral argumentation / Wisang Elang Fajar NIsnala</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Model SPBL yang diimplementasikan dalam penelitian ini menekankan pada pembelajaran berbasis masalah spasial yang kontekstual dan autentik. Penelitian ini mengkaji pengaruh penerapan model Spatial-Problem Based Learning (SPBL) berbantuan ArcGIS StoryMaps dan self-assessment terhadap peningkatan keterampilan berpikir spasial keterampilan geografi serta kemampuan argumentasi tertulis dan lisan siswa pada materi lingkungan dan kependudukan di SMAN 5 Malang. Menggunakan metode quasi eksperimen dengan desain pretest-posttest control group kelas eksperimen memperoleh perlakuan berupa integrasi SPBL StoryMaps dan self-assessment sementara kelas kontrol mengikuti pembelajaran konvensional. Hasil penelitian menunjukkan bahwa integrasi SPBL StoryMaps dan self-assessment secara signifikan meningkatkan kemampuan berpikir spasial siswa seperti orientasi visual pada peta relasi spasial dan pengenalan pola. Keterampilan geografi siswa juga berkembang terlihat dari kemampuan mereka dalam mengidentifikasi fenomena menganalisis data spasial serta mengkomunikasikan hasil analisis secara sistematis dan argumentatif. Selain itu kemampuan argumentasi tertulis dan lisan siswa meningkat karena mereka terbiasa menyusun argumen berbasis data spasial dan visualisasi. Self-assessment turut berperan dalam menumbuhkan kemandirian kepercayaan diri dan kemampuan reflektif siswa. Secara keseluruhan penelitian ini menegaskan bahwa integrasi SPBL StoryMaps dan self-assessment efektif dalam meningkatkan kualitas pembelajaran geografi khususnya pada materi lingkungan dan kependudukan di tingkat sekolah menengah.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S2 Pendidikan Geografi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 19 May 2025 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2025 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/368550 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |