Pengembangan buku suplemen bahan ajar kesadaran dan kesiapsiagaan bencana tanah longsor berbasis GIS menggunakan metode weighted overlay di Kabupaten Jember / Jaduk Arief Susetyo</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan buku suplemen bahan ajar kesadaran dan kesiapsiagaan bencana tanah longsor berbasis GIS menggunakan metode weighted overlay di Kabupaten Jember / Jaduk Arief Susetyo</p>

Susetyo, Jaduk Arief (2025) Pengembangan buku suplemen bahan ajar kesadaran dan kesiapsiagaan bencana tanah longsor berbasis GIS menggunakan metode weighted overlay di Kabupaten Jember / Jaduk Arief Susetyo</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kesadaran dan kesiapsiagaan bencana merupakan hal yang harus dibangun untuk mengurangi resiko bencana. Pendidikan merupakan metode yang efektif untuk membangun kesadaran dan kesiapsiagaan siswa dalam menghadapi bencana. Kegiatan pembelajaran umumnya hanya menggunakan bahan ajar seperti buku teks dan modul. Media pembelajaran yang diterapkan pada saat ini masih belum bisa mengakomodasi kebutuhan siswa dalam mempelajari kebencanaan karena media yang digunakan merupakan media yang kurang kontekstual. Kegiatan pembelajaran umumnya hanya menggunakan bahan ajar seperti buku teks dan modul. Penggunaan buku suplemen bisa menjadi sumber tambahan dalam mempelajari fenomena-fenomena yang lebih kontekstual karena buku suplemen memuat materi secara lebih detail. Buku suplemen berbasis kontekstual akan memberikan alternatif baru dalam pembelajaran karena buku suplemen memuat konten mengenai fenomena yang terjadi di sekitar siswa. Tujuan penelitian ini antara lain 1) mengembangkan buku suplemen bahan ajar kesadaran dan kesiapsiagaan bencana tanah longsor di Kabupaten Jember dan 2) mengetahui efektivitas buku suplemen bahan ajar kesadaran dan kesiapsiagaan bencana tanah longsor di Kabupaten Jember. Penelitian dan pengembangan menggunakan model pengembangan ADDIE dengan rincian tahap analyze melakukan identifikasi tanah longsor di Kabupaten Jember analisis kurikulum analisis materi dan analisis kebutuhan buku suplemen. Tahap design terdiri dari design cover design outline dan design tata letak buku suplemen. Tahap development diawali dengan proses validasi buku suplemen dilakukan oleh ahli desain bahan ajar serta ahli materi. Buku suplemen yang telah divalidasi kemudian diuji coba skala kecil pada tahap development. Tahap implementation merupakan tahap uji coba skala besar yang dilakukan untuk memperoleh respon kritik saran dan masukan pengguna dalam skala besar. Tahap evaluation merupakan tahap evaluasi untuk mengetahui efektivitas buku suplemen menggunakan quasi eksperimen. Hasil identifikasi tanah longsor di Kabupaten Jember menunjukkan 19 5% wilayah Kabupaten Jember merupakan wilayah dengan klasifikasi kerawanan tanah longsor tinggi dan 7 6% termasuk dalam klasifikasi kerawanan tanah longsor sangat tinggi. Tingginya risiko tanah longsor membutuhkan upaya untuk peningkatan kesadaran dan kesiapan menghadapi bencana tersebut melalui pemanfaatan informasi yang relevan dengan kondisi sekitar. Pembelajaran kebencanaan perlu diintegrasikan ke dalam kurikulum pendidikan lokal agar dapat mengurangi risiko bencana pada siswa di sekolah. Berdasarkan analisis kurikulum dan materi pembelajaran kebencanaan tanah longsor dapat diintegrasikan dalam pembelajaran Kelas 11 Fase F. Hasil analisis kebutuhan menunjukkan bahan ajar yang diterapkan dalam proses pembelajaran kebencanaan masih belum kontekstual sehingga memerlukan pengembangan bahan ajar yang disusun menyesuaikan dengan kondisi dan potensi lingkungan sekitar. Hasil pengembangan buku suplemen layak dan dapat digunakan untuk uji coba berdasarkan hasil validasi ahli desain buku suplemen dan ahli materi. Respon pengguna juga menunjukkan buku suplemen sangat menarik. Buku suplemen menunjukkan pengaruh secara signifikan dibandingkan penggunaan media konvensional dengan kategori berkontribusi tinggi. Hasil uji efektivitas menunjukkan penggunaan buku suplemen memiliki efektivitas tinggi dengan rata-rata hasil N-gain 0.71 atau 71%.

Item Type: Thesis (Masters)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S2 Pendidikan Geografi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 02 May 2025 04:29
Last Modified: 09 Sep 2025 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/368547

Actions (login required)

View Item View Item