Pelaksanaan pemeriksaan pajak Surat Pemberiyahuan Lebih Bayar (SPT LB) untuk wajib pajak di Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Malang Selatan (tinjauan berdasarkan faktor kepuasan kerja) / Firsta Christina Widhi Hastuti - Repositori Universitas Negeri Malang

Pelaksanaan pemeriksaan pajak Surat Pemberiyahuan Lebih Bayar (SPT LB) untuk wajib pajak di Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Malang Selatan (tinjauan berdasarkan faktor kepuasan kerja) / Firsta Christina Widhi Hastuti

Hastuti, Firsta Christina Widhi (2014) Pelaksanaan pemeriksaan pajak Surat Pemberiyahuan Lebih Bayar (SPT LB) untuk wajib pajak di Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Malang Selatan (tinjauan berdasarkan faktor kepuasan kerja) / Firsta Christina Widhi Hastuti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Hastuti Firsta Christina Widhi. 2014. Pelaksanaan Pemeriksaan Pajak Surat Pemberitahuan Lebih Bayar (SPT LB) Untuk Wajib Pajak Badan Di Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Malang Selatan. Skripsi Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Sawitri Dwi Prastiti S.E. M.Si. Ak. (II) Sriyani Mentari S.Pd. MM. Kata Kunci Kepuasan Kerja Pekerjaan Itu Sendiri Pemeriksa pajak merupakan alat pemerintah untuk membantu meningkatkan pendapatan negara dalam sektor perpajakan melalui pemeriksaan terhadap Wajib Pajak yang melanggar kewajiban perpajakannya. Peran penting pemeriksa pajak dalam pemeriksaan Surat Pemberitahuan (SPT) Wajib Pajak tentu menjadi penentu bagaimana pelaksanaan pemeriksaan tersebut dapat berjalan sesuai dengan prosedur pemeriksaan yang ada. Apabila pemeriksa pajak memiliki kepuasan dengan pekerjaannya maka diduga akan mendukung berjalannya proses pemeriksaan yang dijalankan sesuai dengan prosedur dan jangka waktu yang ditetapkan. Tujuan dari penelitian ini adalah menjelaskan faktor kepuasan kerja dalam pelaksanaan pemeriksaan pajak SPT lebih bayar untuk wajib pajak badan di KPP Pratama Malang Selatan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif karena peneliti ingin menelaah dan menjelaskan aspek kepuasan kerja pemeriksa pajak terkait dengan pekerjaan itu sendiri melalui wawancara dengan pemeriksa pajak di KPP Pratama Malang Selatan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan dokumentasi melalui data sekunder berupa laporan penyelesaian pemeriksaan (ALPP). Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif yakni mendeskripsikan atau menjelaskan hasil penelaahan terhadap kepuasan kerja pemeriksa pajak. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kepuasan kerja pemeriksa pajak di KPP Pratama Malang Selatan ditinjau dari aspek pekerjaan itu sendiri yang terbagi dalam 5 dimensi yang meliputi skill variety task identity task significance autonomy dan feedback sudah terpenuhi sehingga dapat memicu kreativitas pemeriksa pajak dalam mengelola dan mempertimbangkan prosedur serta teknik pemeriksaan yang akan diterapkan untuk menyelesaikan kasus pemeriksaan SPT LB Wajib Pajak Badan di KPP Pratama Malang Selatan. Saran bagi peneliti selanjutnya diharapkan bisa melengkapi informasi mengenai aspek lain yang mendukung terjadinya kepuasan kerja pemeriksa pajak. Bagi pihak KPP diharapkan untuk menambah jumlah tenaga kerja pemeriksa pajak supaya kasus pemeriksaan pajak dapat diselesaikan tepat waktu. Bagi pihak pemeriksa pajak diharapkan bisa selektif dalam memilah SP2 supaya tidak terjadi penunggakan pekerjaan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Oct 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/36852

Actions (login required)

View Item View Item