Implementasi kolaborasi model pembelajaran Think Pair Share (TPS) dan talking stick untuk meningkatkan keaktifan siswa dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi kelas XI IPS 3 SMA Islam Malang / Sherllly Septyanti - Repositori Universitas Negeri Malang

Implementasi kolaborasi model pembelajaran Think Pair Share (TPS) dan talking stick untuk meningkatkan keaktifan siswa dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi kelas XI IPS 3 SMA Islam Malang / Sherllly Septyanti

Septyanti, Sherllly (2014) Implementasi kolaborasi model pembelajaran Think Pair Share (TPS) dan talking stick untuk meningkatkan keaktifan siswa dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi kelas XI IPS 3 SMA Islam Malang / Sherllly Septyanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Septyanti Sherlly. 2014. Implementasi Kolaborasi Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS) Dan Talking Stick Untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa Dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Akuntansi Kelas Xi Ips 3 SMA Islam Malang. Skripsi Program Studi Pendidikan Akuntansi Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Bambang Sugeng SE. M.A. M.M (2) Dr. Tuhardjo S.E. M.Si. Ak. Kata Kunci Think Pair Share Talking Stick Keaktifan Siswa dan Hasil Belajar 12288 12288 12288 12288 12288 Belajar dan mengajar merupakan suatu kegiatan interaksi antara guru dan siswa yang saling berhubungan satu sama lain. Pada proses ini seorang guru diharapkan dapat menciptakan suatu kondisi belajar yang efektif sehingga dapat terjadi suatu peningkatan pemahaman siswa terhadap suatu materi. Metode pembelajaran merupakan salah satu unsur penting yang mendukung tercapainya suatu tujuan yang telah ditetapkan dalam proses belajar mengajar. 12288 12288 12288 12288 12288 Dari hasil observasi yaitu terdapat masalah yang berkaitan dengan keaktifan siswa di kelas pada saat proses belajar mengajar berlangsung dan juga berpengaruh kepada hasil belajar siswa yang kurang memuaskan pada mata pelajaran Akuntansi. Kurangnya keaktifan disini adalah kurangnya keterampilan berbicara pada saat tanya jawab dalam pembelajaran. Untuk mengatasi permasalahan tersebut diperlukan strategi pembelajaran yang dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa. Salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan menerapkan model pembelajaran Think Pair Share dan Talking Stick. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan (1) keaktifan belajar siswa kelas XI IPS 3 pada mata pelajaran Akuntansi SMA Islam Malang (2) hasil belajar siswa kelas XI IPS 3 pada mata pelajaran Akuntansi SMA Islam Malang. 12288 12288 12288 12288 12288 Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Tiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu (1) perencanaan (2) pelaksanaan (3) pengamatan (4) refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI IPS 3 SMA Islam Malang. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi catatan lapangan lembar soal post test wawancara dan dokumentasi. 12288 12288 12288 12288 12288 Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menerapkan kolaborasi model pembelajaran Think Pair Share dan Talking Stick dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa. Hal ini dibuktikan bahwa terdapat peningkatan keaktifan siswa dari siklus I ke siklus II dengan menerapkan pembelajaran kooperatif model Think Pair Share yang dikolaborasikan dengan Talking Stick. Kemudian terdapat 15 siswa yang belum tuntas atau sebanyak 15 siswa yang nilainya masih di bawah SKM (75) pada siklus I. Sedangkan pada siklus II diketahui sebanyak 2 siswa yang belum tuntas atau sebanyak 2 siswa yang nilainya masih di bawah SKM (75). Peningkatan sangat terlihat dari jumlah sisa yang tuntas dari siklus I dan siklus 2 diketahui bahwa pembelajaran kolaborasi Think Pair Share dan Talking Stick mampu meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI IPS3.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Akuntansi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 16 Oct 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/36851

Actions (login required)

View Item View Item