Penggunaan face recognition untuk meningkatkan disiplin kehadiran pendidik dan tenaga kependidikan Pegawai Negeri Sipil (PNS) (studi kasus di SMK Negeri 2 Blitar) / Luluk Kusniati - Repositori Universitas Negeri Malang

Penggunaan face recognition untuk meningkatkan disiplin kehadiran pendidik dan tenaga kependidikan Pegawai Negeri Sipil (PNS) (studi kasus di SMK Negeri 2 Blitar) / Luluk Kusniati

Kusniati, Luluk (2015) Penggunaan face recognition untuk meningkatkan disiplin kehadiran pendidik dan tenaga kependidikan Pegawai Negeri Sipil (PNS) (studi kasus di SMK Negeri 2 Blitar) / Luluk Kusniati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Kusniati Luluk. 2015. Penggunaan Face Recognition untuk Meningkatkan Disiplin Kehadiran Pendidik dan Tenaga Kependidikan Pegawai Negeri Sipil (PNS) (Studi Kasus di SMK Negeri 2 Blitar. Skripsi Jurusan Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembingbing (I) Prof. Dr. H. Ali Imron M.Pd M.Si (II) Ahmad Nurabadi S.Pd M.Pd. Kata kunci Face recognition disiplin kehadiran Sekolah sebagai salah satu lembaga penyelenggara pendidikan dituntut untuk mampu berkarya dan mencetak generasi-generasi muda yang tangguh dalam menghadapi tantangan global. Pendidik dan tenaga kependidikan baik yang berstatus sebagai pegawai negeri sipil (PNS) maupun tenaga honorer sama-sama menjadi salah satu figur yang dijadikan contoh oleh peserta didik maupun masyarakat luas dalam menjalankan tugas dan tanggung jawabnya dituntut untuk selalu dapat memberikan contoh yang baik. Ketepatan waktu hadir di sekolah sangat penting untuk dilakukan oleh seluruh warga sekolah sebagai salah satu syarat penunjang terselenggaranya proses belajar mengajar. Guna mengetahui kehadiran pendidik dan tenaga kependidikan diperlukan sistem presensi yang mencatat seluruh kehadiran. Salah satunya adalah dengan penggunaan face recognition sebagai sistem presensi. Satu-satunya sekolah di kota Blitar yang telah menggunakan sistem presensi face recognition adalah SMK Negeri 2 Blitar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan latar belakang penggunaan faktor pendukung penghambat dan upaya mengurangi hambatan serta dampak penggunaan face recognition terhadap disiplin kehadiran pendidik dan tenaga kependidikan pegawai negeri sipil (PNS) di SMK Negeri 2 Blitar. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah (1) observasi nonpartisipan (2) wawancara mendalam dan (3) dokumentasi. Data yang diperoleh dari ketiga teknik di atas kemudian di analisis untuk menemukan data-data penting selama kegiatan penelitian dan kemudian diolah untuk selanjutnya dapat digunakan sebagai dasar pertimbangan dalam menarik kesimpulan. Teknik pengecekan keabsahan data yang digunakan adalah ketekunan pengamatan dan triangulasi sumber dan metode/teknik. Temuan yang diperoleh dari penelitian ini adalah (1) SMK Negeri 2 Blitar menggunakan face recognition mulai 2 tahun yang lalu sebagai perbaikan kontrol kehadiran dorongan pembiasaan disiplin kehadiran pendidik dan tenaga kependidikan PNS dan alat bantu penilaian kinerja oleh kepala sekolah (2) proses penggunaan melalui beberapa tahapan yaitu perencanaan yang melibatkan seluruh warga sekolah dalam sebuah forum rapat pengadaan dengan pembelian pengoperasian oleh operator pemeliharaan dengan mematikan alat presensi jika sudah tidak digunakan dan evaluasi dengan rekapitulasi hasil presensi yang dijadikan sebagai penilaian kinerja oleh kepala sekolah (3) faktor pendukungnya adalah banyak personel sekolah yang disiplin peraturan yang mengikat dan pengawasan langsung dari kepala sekolah. Faktor penghambat dari manusia yaitu perubahan penampilan pendidik dan tenaga kependidikan yang signifikan tergesa-gesa dan kejujuran diri-sendiri. Sedangkan penghambat dari non manusia yaitu listrik padam dan pencahayaan. Dan upaya yang dilakukan sekolah yaitu menyediakan UPS menghubungi pihak operator untuk memasukkan data baru ke database sosialisasi datang lebih awal mengatur pencahayaan dan pengawasan langsung kepala sekolah (4) dampak yang diperoleh yaitu berdampak positif dengan adanya peningkatan disiplin kehadiran dan waktu pulang pendidik dan tenaga kependidikan. Berdasarkan temuan yang diperoleh beberapa saran yang dapat dikemukakan yaitu (1) bagi Kepala SMK Negeri 2 Blitar penggunaan face recognition sebagai sistem presensi perlu dioptimalkan penggunaannya karena sangat mendukung untuk meningkatkan disiplin kehadiran pendidik dan tenaga kependidikan di SMK Negeri 2 Blitar (2) bagi pendidik dan tenaga kependidikan disarankan untuk dapat meningkatkan kesadaran akan tugas dan tanggung jawabnya terutama dalam hal kedisiplinan yang akan dijadikan contoh peserta didik (3) bagi Ketua Jurusan Administrasi Pendidikann diharapkan penelitian ini dapat dijadikan sumbangsih informasi dan sebagai tambahan referensi dalam mengembangkan bahan kajian untuk penelitian sejenisnya (4) bagi mahasiswa Administrasi Pendidikan Diharapkan penelitian ini dapat dijadikan referensi untuk mata kuliah manajemen sarana dan prasarana dan manajemen sumber daya manusia (MSDM) dan (5) bagi peneliti lain diharapkan penelitian ini dapat dilanjutkan dengan penelitian sejenis yang bermanfaat terkait dengan penggunaan face recognition sehingga dapat bermanfaat dalam meningkatkan kualitas pendidikan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 24 Jun 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/3685

Actions (login required)

View Item View Item