Perbandingan kinerja keuangan Bank Syariah Mandiri dengan menggunakan income statement approach dan value added statement approach / Mirna Zulfa Arfiani

Arfiani, Mirna Zulfa (2014) Perbandingan kinerja keuangan Bank Syariah Mandiri dengan menggunakan income statement approach dan value added statement approach / Mirna Zulfa Arfiani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Arfiani, Mirna Zulfa. 2014. Perbandingan Kinerja Keuangan Bank Syariah Mandiri dengan Menggunakan Income Statement Approach dan Value Added Statement Approach. Skripsi, Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Nurika Restuningdyah, S.E, M.Si, Ak, CA. (II) Drs. H. Sumadi, S.E, M.M Kata kunci: Kinerja Keuangan, Perbankan Syariah, Laporan Laba Rugi, Laporan Nilai Tambah          Keterbatasan standar akuntansi pedoman bagi bank syariah yang tidak sesuai dengan prinsip pengungkapan penuh menyebabkan informasi yang disajikan dalam keuangan laporan tidak akurat, khususnya yang berkaitan dengan kemampuan Bank syariah untuk menghasilkan keuntungan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbedaan kinerja keuangan bank syariah dengan menggunakan pendekatan laba rugi dan nilai tambah berdasarkan rasio keuangan. Rasio keuangan yang digunakan terdiri dari ROA, ROE, rasio perbandingan antara total laba bersih dengan total aktiva produktif (LBAP), NPM, dan REO.     Objek yang digunakan dalam penelitian ini adalah PT. Bank Syariah Mandiri. Populasi dari penelitian ini adalah laporan keuangan PT. Bank Syariah Mandiri tahun 2008-2012 untuk masing-masing pendekatan yaitu Income Statement dan Value Added Statement. Alat analisis yang digunakan untuk membuktikan hipotesis penelitian ini adalah independent sample t-test.     Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan Value Added Statement, rasio kinerja keuangan (ROA, ROE, dan rasio total pendapatan terhadap total aktiva produktif (LBAP), dan NPM) ada perbedaan secara kuantitatif, Value Added Statement Approach lebih besar dari Income Statement Approach. Sedangkan pada rasio REO antara Income Statement Approach dan Value Added Statement Approach tidak terdapat perbedaan.     

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Akuntansi (AKU) > S1 Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 07 Oct 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/36845

Actions (login required)

View Item View Item