Yuningsih, Fadilla Weka (2015) Membangun citra sekolah dalam meningkatkan kerjasama dengan dunia usaha/dunia industri pada SMK PGRI 3 Malang / Fadilla Weka Yuningsih. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Yuningsih Fadilla Weka. 2015. Membangun Citra Sekolah dalam Meningkatkan Kerjasama dengan DU/DI pada SMK PGRI 3 Malang. Skripsi. Jurusan Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Megeri Malang. Pembimbing (I) Dr. H. Kusmintardjo M.Pd (II) Sunarni S.Pd M.Pd. Kata kunci citra kerjasama dunia usaha/dunia industri (DU/DI) sekolah menengah kejuruan Citra sekolah merupakan penilaian atau kesan seseorang terhadap suatu sekolah karena pemahaman dan pengalaman seseorang terhadap sekolah. Untuk Membentuk citra merupakan tugas utama dari Humas karena humas merupakan jembatan hubungan antara sekolah dengan masyarakat. Hubungan sekolah dengan masyarakat dapat berupa kerjasama yang dilakukan untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan dan saling menguntungkan. Begitu juga Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) yang merupakan sekolah untuk menyiapkan sumber daya manusia yang siap memasuki dunia kerja dan menjadi tenaga yang produktif. Untuk menyiapkan sumber daya manusia yang lebih produktif perlu adanya kerjasama antara sekolah dengan Dunia Usaha/Dunia Industri (DU/DI). Dalam kerjasama yang dilakukan perlu adanya kesan yang positif agar kerjasama antara sekolah dengan DU/DI dapat meningkat. Tujuan penelitian yang dilakukan yaitu mendeskripsikan beberapa hal diantaranya (1) citra SMK PGRI 3 Malang di mata DU/DI (2) strategi sekolah untuk membangun citra sekolah dalam meningkatkan kerjasama dengan DU/DI di SMK PGRI 3 Malang dan (3) masalah yang dihadapi dan solusi yang dilakukan sekolah untuk membangun citra sekolah dalam meningkatkan kerjasama dengan DU/DI. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Lokasi penelitian yaitu di SMK PGRI 3 Malang yang beralamatkan di Jalan Raya Tlogomas IX/09 Malang. Sumber data dalam penelitian ini adalah dari hasil wawancara observasi dan dokumentasi. Prosedur Pengumpulan data yang dilakukan dengan melakukan observasi wawancara dan dokumentasi. Proses yang dilakukan peneliti dalam analisis data yaitu dengan melakukan reduksi data display data dan verifikasi data. Keabsahan data diuji dengan perpanjangan pengamatan ketekunan peningkatan ketekunan triangulasi dan pengecekan anggota (member chek). Hasil penelitian yang dilakukan yaitu sebagai berikut. Pertama citra SMK PGRI 3 Malang dapat dilihat dari kedisiplinan dalam bekerja patuh terhadap perintah kompetensi yang dimiliki peserta didik tanggung jawab cerdas secara emosional kualitas lulusan bagus keaktifan sekolah dalam menjalin kerjasama dan komitmen dalam bekerjasama selalu terpenuhi. Kedua strategi membangun citra sekolah diawali dengan (1) penyusunan program Prakerin melalui rapat berdasarkan hasil evaluasi yang telah dilakukan. (2) pemetaan peserta Prakerin berdasarkan data dari guru wali sesuai dengan kondisi ekonomi kesehatan prestasi akademik dan attitude yang dimiliki siswa. (3) pembekalan yaitu pembekalan secara umum mengenai Prakerin masalah yang dihadapi pada saat Prakerin dan solusinya pembekalan teknis dalam melaksanakan Prakerin dan pembekalan mental (4) komunikasi yaitu secara langsung dengan kunjungan dan secara tidak langsung melalui telepon. Komunikasi ini selain sebagai teknik dalam memonitoring peserta Prakerin juga dapat mempererat hubungan kerjasama antara sekolah dengan DU/DI yang dilakukan 2x dalam satu bulan. (5) Dalam bekerjasama sekolah khususnya Bursa Kerja Aktif (BKA) lebih aktif dalam mencari DU/DI sebagai mitra kerja dengan mengajukan proposal kerjasama menggunakan akta perjanjian atau MOU (6) untuk menjaga kerjasama agar tetap berlanjut sekolah berusaha menyediakan Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas berkualitas dalam arti dapat memenuhi kebutuhan DU/DI baik secara kemampuan maupun attitude. (7) Dari pelaksanaan yang telah dilakukan terdapat evaluasi yang dilakukan oleh staf Prakerin (BKA) staf pembimbing dan kepala bidang proses. Evaluasi dilakukan setiap bulan dan tahun. Hasil dari evaluasi yang telah dilaksanakan dijadikan acuan dalam menyusun program kerja pada tahun berikutnya. (8) manfaat dari kerjasama yang didapatkan oleh sekolah adalah dalam penyaluran tenaga kerja akan mudah memudahkan peserta didik dalam melaksanakan manfaat yang didapatkan DU/DI dalam bekerjasama yaitu dapat meringankan pekerjaan dalam mencari karyawan juga mudah. Ketiga masalah yang dihadapi sekolah adalah masih adanya siswa yang kurang disiplin terhadap peraturan yang telah di tentukan baik oleh sekolah maupun tempat prakerin kemudian membangun komunikasi awal yang memang DU/DI belum sepenuhnya yakin dengan kualitas sekolah karena status swasta. Untuk menyelesaikan masalah ketidakdisiplinan siswa sekolah menyelesaikan sampai tuntas baik itu di tempat praktik maupun dengan memanggil orang tua siswa. Kemudian dalam membangun komunikasi awal sekolah meyakinkan DU/DI dengan menunjukkan file-file yang mendukung. Untuk meminimalisir permasalahan tersebut agar citra SMK PGRI 3 malang tetap baik sekolah melakukan pembekalan kepada peserta didik dan komunikasi yang dilakukan secara rutin. Berdasarkan temuan penelitian dapat disarankan bagi (1) Kepala SMK PGRI 3 Malang hasil penelitian ini diharapkan dapat dijadikan masukan atau evaluasi untuk membangun citra sekolah dalam meningkatkan kerjasama dengan DU/DI (2) Bidang BKA SMK PGRI 3 Malang hasil penelitian ini diharapkan dapat dijadikan sebagai masukan dalam membangun citra sekolah agar kerjasama antara sekolah dengan DU/DI dapat meningkat. (3) Guru dan Staf SMK PGRI 3 Malang hasil pengetahuan ini diharapkan dapat membantu Guru maupun Staf SMK PGRI 3 Malang dalam membekali peserta didik khususnya mengenai dunia kerja melalui kegiatan pembelajaran. (4) Peserta didik SMK PGRI 3 Malang hasil Penelitian ini diharapkan dapat membantu peserta didik untuk dapat lebih paham dalam melaksanakan Prakerin dan benar-benar menunjukkan kemampuanyanya agar dapat membantu sekolah dalam membangun citra sekolah sehingga kerjasama sekolah dengan DU/DI dapat meningkat. (5) Jurusan Administrasi Pendidikan hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi tambahan literatur dalam mengembangkan ilmu manajemen Hubungan Masyarakat atau upaya membangun citra dalam meningkatan kerjasama. (6) Peneliti Lain hasil penelitian ini diharapkan dapat digunakan sebagai referensi untuk melakukan penelitian pengembangan mengenai Hubungan Masyarakat khususnya membangun citra dalam meningkatkan kerjasama.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 24 Jun 2015 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2015 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/3684 |
Actions (login required)
View Item |