Effendi, Muhammad Idris (2025) Kontribusi technological pedagogical content knowledge (TPACK) dan kompetensi profesional guru terhadap keterampilan abad 21 serta dampak minat kerja siswa teknik dan bisnis sepeda motor di SMKN Kota Malang / Muhammad Idris Effendi</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Dalam era globalisasi dan perkembangan teknologi yang pesat pendidikan kejuruan harus menyesuaikan diri dengan tuntutan keterampilan abad ke-21 yang mencakup kreativitas pemecahan masalah kolaborasi literasi digital dan berpikir kritis. Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) memiliki peran penting dalam menyiapkan lulusan yang tidak hanya memiliki keterampilan teknis tetapi juga mampu beradaptasi dengan perubahan teknologi. Dalam proses ini guru menjadi faktor utama yang menentukan keberhasilan pembelajaran terutama dalam pemanfaatan teknologi dalam kelas. Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) dan kompetensi profesional guru merupakan dua aspek penting yang dapat meningkatkan keterampilan abad ke-21 siswa khususnya dalam program keahlian Teknik dan Bisnis Sepeda Motor (TBSM) di SMK . Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kontribusi TPACK dan kompetensi profesional guru terhadap keterampilan abad ke-21 siswa serta dampaknya terhadap minat kerja siswa SMK. Secara spesifik penelitian ini ingin mengetahui sejauh mana TPACK dan kompetensi profesional guru mempengaruhi keterampilan abad ke-21 siswa baik secara individu maupun bersama-sama. Selain itu penelitian ini juga mengeksplorasi pengaruh TPACK dan kompetensi profesional guru terhadap minat kerja siswa baik secara langsung maupun melalui keterampilan abad ke-21 sebagai variabel intervening . Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian ex post facto yang berarti data dikumpulkan tanpa adanya manipulasi variabel. Populasi penelitian adalah siswa kelas XII Kompetensi Keahlian Teknik dan Bisnis Sepeda Motor di beberapa SMKN di Kota Malang. Teknik proportional random sampling digunakan untuk menentukan sampel yang representatif dengan total 174 siswa sebagai responden . Data dikumpulkan menggunakan angket berbasis Google Form yang mencakup empat variabel utama yaitu TPACK guru kompetensi profesional guru keterampilan abad 21 siswa dan minat kerja siswa. Analisis data dilakukan menggunakan statistik inferensial termasuk uji normalitas uji multikolinearitas uji heteroskedastisitas serta regresi linear dan Structural Equation Modeling (SEM) untuk menguji hubungan antar variabel . Hasil penelitian menunjukkan bahwa TPACK guru berkontribusi signifikan terhadap keterampilan abad 21 siswa. Guru yang mampu mengintegrasikan teknologi dalam pembelajaran dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis kreativitas komunikasi dan kolaborasi siswa. Selain itu kompetensi profesional guru juga memiliki pengaruh terhadap keterampilan abad 21 siswa terutama dalam hal penguasaan materi dan penerapan metode pembelajaran yang inovatif. Ketika kedua faktor ini dikombinasikan TPACK dan kompetensi profesional guru secara bersama-sama memberikan kontribusi yang lebih besar terhadap keterampilan abad 21 siswa. Hasil lainnya menunjukkan bahwa TPACK guru memiliki kontribusi signifikan terhadap minat kerja siswa di mana penggunaan teknologi dalam pembelajaran meningkatkan motivasi siswa untuk bekerja di bidang teknik dan bisnis sepeda motor. Kompetensi profesional guru juga mempengaruhi minat kerja siswa meskipun pengaruhnya tidak sekuat TPACK. Selanjutnya keterampilan abad 21 siswa berpengaruh signifikan terhadap minat kerja mereka menunjukkan bahwa semakin tinggi keterampilan berpikir kritis kreativitas dan komunikasi yang dimiliki siswa semakin besar minat mereka untuk bekerja di bidang yang sesuai dengan kompetensinya. Penelitian ini juga menemukan bahwa TPACK guru berkontribusi terhadap minat kerja siswa melalui keterampilan abad 21 sebagai variabel intervening. Artinya ketika siswa mendapatkan pembelajaran berbasis teknologi yang meningkatkan keterampilan abad 21 mereka mereka akan lebih tertarik untuk memasuki dunia kerja. Hal yang sama berlaku untuk kompetensi profesional guru yang juga memiliki kontribusi terhadap minat kerja siswa melalui keterampilan abad 21 sebagai variabel intervening . Berdasarkan hasil penelitian ini beberapa saran diberikan. Pimpinan sekolah dan stakeholder disarankan untuk menyediakan pelatihan rutin bagi guru guna meningkatkan TPACK dan profesionalisme mereka. Guru diharapkan dapat memperdalam pemahaman mereka dalam penggunaan teknologi dalam pembelajaran meningkatkan metode pembelajaran berbasis kolaborasi dan mendorong siswa untuk lebih aktif dalam mengembangkan keterampilan abad 21. Peneliti selanjutnya dapat melakukan penelitian lebih lanjut terkait implementasi TPACK dalam bidang keahlian lain mengeksplorasi faktor-faktor lain yang berkontribusi terhadap keterampilan abad 21 dan minat kerja siswa serta mengembangkan instrumen penelitian yang lebih komprehensif .
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > S2 Pendidikan Kejuruan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 21 Apr 2025 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2025 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/368196 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |