Studi peningkatan keterampilan kewirausahaan siswa melalui PKL konsentrasi keahlian agribisnis ternak ruminansia di SMK Negeri Tutur / Elisa Setyawati</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Studi peningkatan keterampilan kewirausahaan siswa melalui PKL konsentrasi keahlian agribisnis ternak ruminansia di SMK Negeri Tutur / Elisa Setyawati</p>

Setyawati, Elisa (2024) Studi peningkatan keterampilan kewirausahaan siswa melalui PKL konsentrasi keahlian agribisnis ternak ruminansia di SMK Negeri Tutur / Elisa Setyawati</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Setyawati Elisa. 2024. Studi Peningkatan Keterampilan Kewirausahaan Siswa Melalui PKL Konsentrasi Keahlian Agribisnis Ternak Ruminansia di SMK Negeri Tutur. Tesis Pendidikan Kejuruan Program Magister Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Yoto S.T. M.M. M. Pd (II) Dr. Nunung Nurjanah M. Kes. Kata Kunci keterampilan kewirausahaan PKL Agribisnis Ternak Ruminansia Pendidikan kejuruan khususnya di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) memiliki peran sentral dalam mempersiapkan generasi muda Indonesia dengan keterampilan yang relevan untuk dunia kerja terutama dalam sektor agribisnis. Namun tantangan seperti kualitas pendidikan yang perlu ditingkatkan dan pelayanan pendidikan yang merata membutuhkan solusi yang dapat meningkatkan efektivitas lembaga pendidikan kejuruan. Kerjasama antara SMK dan industri menjadi krusial dalam mengembangkan keterampilan siswa dan memastikan kesesuaian dengan kebutuhan pasar kerja. Program Praktik Kerja Lapangan (PKL) di SMK menjadi sarana penting untuk memberikan pengalaman praktis kepada siswa sesuai dengan kompetensi yang dipelajari serta membentuk pola pikir dan profesionalisme yang dibutuhkan di dunia kerja. Meskipun PKL diakui sebagai bagian integral dari pendidikan kejuruan evaluasi dampaknya terhadap peningkatan keterampilan kewirausahaan siswa masih terbatas sehingga penelitian mendalam menjadi relevan untuk pengembangan kurikulum dan program PKL di SMK. Dalam konteks ini PKL telah diakui sebagai salah satu metode efektif untuk meningkatkan keterampilan dan kesiapan kerja siswa SMK khususnya dalam meningkatkan keterampilan kewirausahaan siswa. Oleh karena itu dalam penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Studi Peningkatan Keterampilan Kewirausahaan Siswa Melalui PKL Konsentrasi Keahlian Agribisnis Ternak Ruminansia di SMK Negeri Tutur. Jenis penelitian dalam penelitian ini adalah studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Pengecekan kreadibilitas data menggunakan triangulasi sumber untuk mengecek data yang telah diperoleh dari empat sumber yang memiliki peran penting dalam pelaksanaan PKL Konsentrasi Keahlian Agribisnis Ternak Ruminansia di SMK Negeri Tutur yaitu wakil kepala bidang kurikulum wakil kepala bidang hubungan dan masyarakat koordinator PKL/pembimbing PKL industri tempat PKL siswa yang telah melakukan PKL. Selanjutnya triangulasi teknik digunakan untuk mengecek data kepada sumber yang sama namun dengan teknik yang berbeda yaitu observasi dan wawancara serta diperkuat dengan dokumen pendukung. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa (1) Persiapan PKL Konsentrasi Keahlian Agribisnis Ternak Ruminansia di SMK Negeri Tutur telah dilakukan secara komprehensif dengan fokus pada peningkatan infrastruktur kurikulum yang relevan dan kerjasama erat dengan mitra industri. Kolaborasi ini telah menghasilkan program pelatihan kewirausahaan yang melibatkan simulasi usaha pengelolaan keuangan serta etika dan keselamatan kerja yang membekali siswa dengan keterampilan teknis dan nonteknis yang diperlukan di dunia industry (2) Pelaksanaan PKL terbukti efektif dalam meningkatkan keterampilan kewirausahaan siswa melalui keterlibatan langsung dalam kegiatan bisnis dan pembimbingan intensif dari industri yang mempercepat pemahaman siswa tentang dunia usaha (3) Meskipun menghadapi kendala seperti keterbatasan fasilitas dan mitra industri upaya untuk memperluas kerjasama dan memberikan pelatihan intensif telah meningkatkan kesiapan siswa menghadapi tantangan industry dan (4) Dampak positif dari PKL terlihat pada peningkatan keterampilan teknis dan kewirausahaan siswa serta pengembangan soft skills yang penting untuk dunia kerja. Selain itu program ini juga memperkuat kredibilitas sekolah membuka peluang kerjasama dengan industri dan memberikan manfaat operasional bagi DUDI dalam bentuk tenaga kerja yang antusias dan siap berkontribusi.

Item Type: Thesis (Masters)
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > S2 Pendidikan Kejuruan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 13 Mar 2024 04:29
Last Modified: 09 Sep 2024 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/368181

Actions (login required)

View Item View Item