Pengaruh persepsi donatur tentang informasi keuangan organisasi, kualitas pelayanan, lokasi kantor, dan faktor sosial agama terhadap loyalitas donatur organisasi nirlaba (studi kasus pada Yayasan Amal Sholeh Malang) / Hananda Firmansyah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh persepsi donatur tentang informasi keuangan organisasi, kualitas pelayanan, lokasi kantor, dan faktor sosial agama terhadap loyalitas donatur organisasi nirlaba (studi kasus pada Yayasan Amal Sholeh Malang) / Hananda Firmansyah

Firmansyah, Hananda (2014) Pengaruh persepsi donatur tentang informasi keuangan organisasi, kualitas pelayanan, lokasi kantor, dan faktor sosial agama terhadap loyalitas donatur organisasi nirlaba (studi kasus pada Yayasan Amal Sholeh Malang) / Hananda Firmansyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Firmansyah Hananda. 2014. Pengaruh Persepsi Donatur tentang Informasi Keuangan Organisasi Kualitas Pelayanan Lokasi Kantor dan Faktor Sosial Agama terhadap Loyalitas Donatur Organisasi Nirlaba. Skripsi Jurusan Akuntansi Program Studi S1 Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. H. Eka Ananta Sidharta S.E. M.M Ak. C.A. (II) Dr. Nurika Restuningdiah S.E. M.Si. Ak. C.A. Kata kunci Persepsi Informasi Keuangan Kualitas Pelayanan Lokasi Sosial Agama Loyalitas Organisasi Nirlaba Dalam berdonasi pada lembaga nirlaba seperti lembaga amil zakat infaq dan shodaqoh seorang donatur dipengaruhi oleh banyak hal yang melatar belakangi keputusannya. Mengingat donasi dari para donatur merupakan sumber daya utama bagi sebagian besar lembaga nirlaba penting bagi mereka untuk mengetahui faktor yang melatarbelakangi dan memengaruhi keputusan seorang donatur dalam berdonasi. Sebagaimana penelitian terdahulu banyak faktor yang memengaruhi loyalitas donatur dalam berdonasi terlebih faktor informasi keuangan kualitas pelayanan faktor lokasi atau letak kantor maupun faktor kesadaran sosial dan pemahaman agama seringkali dikaitkan dengan faktor yang memengaruhi loyalitas donatur. Dari faktor-faktor tersebut dapat dipastikan bahwa akan muncul berbagai macam persepsi yang diberikan oleh masing-masing donatur dalam menanggapi stimulus yang mereka terima. Oleh karena itu peneliti ingin melakukan analisis dan pengujian lebih lanjut mengenai pengaruh persepsi donatur tentang informasi keuangan organisasi kualitas pelayanan lokasi kantor dan faktor sosial agama terhadap loyalitas donatur organisasi nirlaba. 12288 12288 12288 12288 Adapun desain dari penelitian ini adalah penelitian kausalitas dengan melibatkan seluruh donatur Yayasan Amal Sholeh Malang sejumlah 86 donatur sebagai responden. Penelitian ini menggunakan kuesioner berskala likert dengan 40 butir pernyataan. Metode analisis dalam penelitian ini adalah regresi linier berganda. Data yang terkumpul diolah secara kuantitatif dengan program SPSS 16.0 for Windows mulai dari uji validitas dan reliabilitas uji asumsi klasik distribusi frekuensi hingga perhitungan persamaan regresi. Kemudian hasilnya dianalisis secara deskriptif mengingat penelitian ini merupakan penelitian sensus atau penelitian yang melibatkan seluruh anggota populasi. Sehingga hasil penelitian ini tidak perlu digeneralisasikan. 12288 12288 12288 12288 Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel persepsi donatur tentang informasi keuangan organisasi lokasi kantor dan faktor sosial agama masing-masing berpengaruh positif terhadap loyalitas donatur sedangkan variabel persepsi donatur tentang kualitas pelayanan berpengaruh negatif terhadap loyalitas donatur. Berdasarkan hasil distribusi frekuensi mayoritas donatur memersepsikan informasi keuangan organisasi kualitas pelayanan dan lokasi kantor dalam kategori baik. Persepsi baik ini lebih banyak didapatkan dari donatur dengan loyalitas yang tinggi dibanding donatur yang dalam kategori kurang loyal dan tidak loyal. Mayoritas donatur Yayasan Amal Sholeh Malang memiliki tingkat kesadaran sosial dan pemahaman agama yang tinggi. Mayoritas dari mereka cenderung memiliki loyalitas yang tinggi pula pada yayasan dibanding mereka yang memiliki kesadaran sosial dan pemahaman agama yang rendah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 13 Aug 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/36804

Actions (login required)

View Item View Item