Darman, Andrianus (2025) Pengaruh pendidikan kewirausahaan terhadap entrepreneurial intention pada siswa SMK di wilayah Kota Malang: entrepreneurial self-efficacy dan entrepreneurial mindset sebagai variabel mediasi / Andrianus Darman</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pendidikan kewirausahaan terhadap entrepreneurial intention siswa dengan memperhatikan peran entrepreneurial self-efficacy dan entrepreneurial mindset sebagai variabel mediasi. Variabel penelitian ini diambil untuk mengetahui penyebab tingginya angka pengangguran pada lulusan SMK di Kota Malang. Hasil penelitian menjadi pedoman bagi perbaikan kurikulum pada tingkat SMK di Kota Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei melalui pengujian hipotesis. Sampel penelitian ini melibatkan 182 siswa SMK kelas XII di wilayah Kota Malang. Siswa SMK kelas XII dipilih dengan alasan telah mengalami pendidikan kewirausahaan secara penuh. Artinya siswa telah mendapatkan materi dan praktik kewirausahaan di sekolah. Analisis data dilakukan dengan menggunakan metode Structural Equation Modeling-Partial Least Square (SEM-PLS). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pendidikan kewirausahan memiliki pengaruh signifikan dan positif terhadap entrepreneurial self-efficacy entrepreneurial mindset dan entrepreneurial intention. Hal ini terjadi dengan alasan bahwa pendidikan kewirausahaan membuat siswa mampu menciptakan produk analisis pasar dan memasarkan produk seperti makanan minuman manik-manik dan pakaian kepada konsumen. Demikian pula entrepreneurial mindset memiliki pengaruh yang signifikan dan positif terhadap entrepreneurial intentian dengan alasan siswa mampu menciptakan kreativitas dan inovasi baru ketika menghadapi kesulitan dalam usaha. Sedangkan entrepreneurial self-efficacy tidak berpengaruh secara signifikan terhadap entrepreneurial intention. Hasil yang negatif terjadi ketika entrepreneurial self-efficacy digunakan sebagai variabel medias pada relasi antara pendidikan kewirausahan terhadap entrepreneurial intention. Hal ini terjadi oleh beberapa faktor (a) Orientasi siswa setelah lulus itu untuk bekerja bukan berwirausaha secara mandiri. Hal ini terjadi pada siswa karena pendidikan kewirausahaan lebih fokus pada persiapan kerja daripada pembentukan jiwa wirausaha pada siswa. (b) Siswa yang masuk SMK pada umumnya dari golongan kelas menengah ke bawah. Mereka tidak yakin menjadi wirausaha dengan modal yang terbatas. (c) Kurangnya dukungan modal dari orangtua untuk menjadikan siswa sebagai wirausaha setelah lulus sekolah. Siswa pada umumnya lebih memilih dahulu bekerja pada perusahan untuk mencari modal. Implikasi penelitian ini dapat berkontribusi pada Pertama indikator-indikator penelitian mendorong niat berwirausaha siswa SMK serta membantu para pembuat kebijakan untuk mengembangkan program yang efektif untuk mendorong niat kewirausahaan siswa SMK dan pertumbuhan ekonomi. Kedua hasil penelitian ini membantu lembaga pendidikan SMK untuk menyempurnakan program pendidikan kewirausahaan serta memastikan program pendidikan selaras dengan kebutuhan pasar dan tujuan dunia wirausaha sekarang. Ketiga memahami hubungan antara efektivitas entrepreneurship education dan dimediasi oleh entrepreneurial self-efficacy dan entrepreneurial mindset yang dapat membantu lembaga pendidikan SMK mengalokasikan sumber daya untuk meningkatkan entrepreneurial intention siswa. Kata Kunci Pendidikan Kewirausahaan Entrepreneurial Self-Efficacy Entrepreneurial Mindset Entrepreneurial Intention
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S2 Pendidikan Bisnis dan Manajemen |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 12 Feb 2025 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2025 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/368027 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |