Pengaruh model pembelajaran problem oriented project based learning (POPBL) terhadap keterampilan berpikir kritis, keterampilan kolaborasi, dan sikap lingkungan siswa SMA Negeri 6 Malang / Ucik Agusti Wulanningsih</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh model pembelajaran problem oriented project based learning (POPBL) terhadap keterampilan berpikir kritis, keterampilan kolaborasi, dan sikap lingkungan siswa SMA Negeri 6 Malang / Ucik Agusti Wulanningsih</p>

Wulanningsih, Ucik Agusti (2025) Pengaruh model pembelajaran problem oriented project based learning (POPBL) terhadap keterampilan berpikir kritis, keterampilan kolaborasi, dan sikap lingkungan siswa SMA Negeri 6 Malang / Ucik Agusti Wulanningsih</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Dunia pendidikan dituntut harus mempersiapkan generasi yang cakap. Untuk hidup bermasyarakat siswa harus memiliki bekal yang cukup terutama keterampilan abad 21. Pembelajaran abad ke-21 adalah kerangka untuk memperoleh keterampilan pengetahuan keahlian dan sistem pendukung yang diperlukan siswa untuk berhasil dalam hidup bekerja dan menjadi warga negara. Pembelajaran abad 21 yang berpusat pada kompetensi atau yang dikenal dengan 6C termuat dalam kurikulum. Untuk mencapai tujuan pembelajaran sesuai dengan tuntutan kurikulum maka kegiatan pembelajaran harus mengintegrasikan 6C. Implementasi model pembelajaran inovatif termasuk model POPBL bisa menjadi solusi yang diajukan untuk mencapai tujuan pembelajaran dan memberdayakan ketrampilan abad 21. Hasil observasi di SMA Negeri 6 Malang menunjukkan bahwa pemikiran kritis kemampuan bekerja sama dan kepedulian terhadap lingkungan diperlukan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat bagaimana model pembelajaran Problem Oriented-Project Based Learning (POPBL) berpengaruh pada keterampilan berpikir kritis keterampilan kolaborasi dan sikap lingkungan siswa di SMA Negeri 6 Malang. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Eksperimen semu (quasy experiment) menggunakan desain penelitian pretest-posttest control group design. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas X di SMA Negeri 6 Malang. Pengambilan sampel sebanyak tiga kelas diambil secara random dari populasi kelas X. Penelitian ini menggunakan teknik Random Sampling. Penelitian ini memiliki tiga perlakuan yaitu perlakuan eksperimen (POPBL) pada kelas X10 dan perlakuan kontrol positif (PBL) pada kelas X7 dan kontrol negatif ( Konvensional) pada kelas X8. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini terdiri dari tes uraian untuk mengukur keterampilan berpikir kritis dan angket untuk mengukur keterampilan kolaborasi dan sikap lingkungan siswa. Data yang diperoleh kemudian di uji dengan menggunakan uji anakova dan dilanjutkan uji LSD. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil uji Anacova dari ketiga variabel terikat memiliki signifikansi lt 0 05 yang menunjukkan bahwa 1) Penerapan model pembelajaran POPBL berpengaruh terhadap keterampilan berpikir kritis siswa SMA Negeri 6 Malang 2) Penerapan model pembelajaran POPBL berpengaruh terhadap keterampilan kolaborasi siswa SMA Negeri 6 Malang 3) Penerapan model pembelajaran POPBL berpengaruh terhadap sikap lingkungan siswa SMA Negeri 6 Malang. Begitu juga terkait hasil uji lanjut menggunakan Uji LSD menunjukkan bahwa rerata terkoreksi pada kelas yang dibelajarkan dengan model POPBL memiliki rerata terkoreksi paling tinggi dibandingkan kelas kontrol. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa model POPBL dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis keterampilan kolaborasi dan sikap lingkungan siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S2 Pendidikan Biologi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 17 Feb 2025 04:29
Last Modified: 09 Sep 2025 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/367817

Actions (login required)

View Item View Item