Sholihah, Imroatus (2025) Pengaruh model project based learning terintegrasi science, technology, engineering, and mathematics (PjBL-STEM) terhadap keterampilan berpikir kritis dan pemecahan masalah kolaboratif siswa pada materi perubahan lingkungan / Imroatus Sholihah</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Perkembangan teknologi dan transformasi sosial telah mengarah ke Era Society 5.0 yang mengubah lanskap pekerjaan. Penyesuaian kurikulum pendidikan diperlukan untuk mempersiapkan generasi muda menghadapi tantangan masa depan. Era ini menuntut keterampilan abad ke-21 salah satunya adalah keterampilan berpikir kritis yang merupakan proses berpikir yang reflektif masuk akal dan sistematis dalam menganalisis informasi atau masalah untuk menentukan keputusan yang valid dalam memecahkan masalah. Tidak hanya itu Era Society 5.0 juga membutuhkan keterampilan pemecahan masalah kolaboratif yang diartikan sebagai kemampuan individu untuk terlibat secara efektif dengan dua atau lebih individu untuk memecahkan masalah melalui berbagai pemahaman. Penelitian ini bertujuan untuk (1) menganalisis pengaruh model Project Based Learning terintegrasi Science Technology Engineering and Mathematics (PjBL-STEM) terhadap keterampilan berpikir kritis siswa pada materi Perubahan Lingkungan (2) menganalisis pengaruh model Project Based Learning terintegrasi Science Technology Engineering and Mathematics (PjBL-STEM) terhadap keterampilan pemecahan masalah kolaboratif siswa pada materi Perubahan Lingkungan. Jenis penelitian ini adalah Quasi Experimental. Desain yang diterapkan adalah Nonrandomized Control-Group Pretest-Posttest Design di mana pretest dilakukan sebelum perlakuan dan posttest setelah perlakuan pada masing-masing kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah 47 siswa kelas X di MA Sumber Bungur Pakong Pamekasan yang terdistribusi menjadi dua kelas yaitu kelas eksperimen dibelajarkan menggunakan model PjBL-STEM dan kelas kontrol dibelajarkan model Discovery Learning. Keterampilan berpikir kritis diukur dengan menggunakan instrumen tes berupa uraian dan keterampilan pemecahan masalah kolaboratif diukur menggunakan instrumen tes berupa uraian dan angket peer assessment. Hasil yang diperoleh dianalisis menggunakan uji ANCOVA dengan taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rerata nilai posttest keterampilan berpikir kritis pada kelas eksperimen yang menggunakan model PjBL-STEM adalah 90 17 dengan peningkatan sebesar 39 04%. Sementara nilai tes keterampilan pemecahan masalah kolaboratif mencapai 90 00 dengan peningkatan sebesar 49 8% dan hasil peer assessment keterampilan pemecahan masalah kolaboratif mencapai 89 73 dengan peningkatan sebesar 39 13%. Nilai ini lebih tinggi dibandingkan dengan kelas yang menggunakan model Discovery Learning. Dengan demikian Model PjBL-STEM berpengaruh secara signifikan terhadap peningkatan keterampilan berpikir kritis dan keterampilan pemecahan masalah kolaboratif.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S2 Pendidikan Biologi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 27 Feb 2025 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2025 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/367814 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |