Hasanah, Samudra Mutiara (2025) Pengembangan media pembelajaran augmented reality comics berkonteks socio-scientific issues related sdg "good health and well-being" untuk meningkatkan literasi kimia dan sustainability consciousness pada materi atom dan keperiodikan unsur / Samudra Mutiara Hasanah. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Penerapan konsep dari materi dasar dan fundamental seperti atom dan keperiodikan unsur sering terabaikan karena fokus pembelajaran pada materi tersebut lebih banyak tertuju pada aspek teoritis. Keterbatasan media belajar yang menarik juga membuat siswa kesulitan dalam membangun pemahaman yang mendalam terhadap konsep-konsep dasar kimia. Banyak siswa hanya sebatas menghafal teori tanpa mampu menggunakannya dalam kehidupan. Kurikulum pada kelas X memiliki tujuan utama agar siswa aktif memberikan penyelesaian isu global Sustainable Development Goals (SDGs) tetapi pembelajaran yang terintegrasi SDGs masih minim dilakukan. Media seperti komik menjadi sarana yang efektif untuk penyampaian materi kimia. Beberapa penelitian telah mengembangkan media komik dalam bentuk visual 2D tanpa adanya inovasi teknologi didalamnya. Pengintegrasian konsep kimia dengan Socio-Scientific Issue (SSI) dan SDGs serta teknologi dalam komik diperlukan agar materi dapat tervisualisasikan dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk (1) menghasilkan media pembelajaran AR-comics berkonteks SSI related SDG lsquo good health and well-being rsquo pada materi atom dan keperiodikan unsur yang valid praktis dan efektif dan (2) menguji efektifitas media pembelajaran AR-comics lsquo good health and well-being rsquo terhadap kemampuan literasi kimia dan sustainability consciousness (SC). Metode dalam penelitian ini menggunakan Research and Development (R amp D) dengan model ADDIE dari Lee amp Owens (2004) yang terdiri dari (1) analysis (2) design (3) development (4) implementation (5) dan evaluation Media yang dikembangkan diuji validitas dan implementasi untuk mengetahui keefektifan produk. Teknik analisis data yang digunakan terdapat dua macam yaitu (1) analisis statistik data kuantitatif seperti content validity index (CVI) dan persentase untuk mendeskripsikan informasi tentang kevalidan dan kepraktisan media (2) analisis statistik inferensial untuk data uji keefektifan media terhadap literasi kimia dan SC setelah diimplementasikan dalam pembelajaran di kelas. Pengembangan media AR-comics terdiri dari fitur guide AR-comics dan SSI amp SDGs issues. Hasil validasi oleh para ahli menunjukkan bahwa media memperoleh skor CVI yang tinggi yaitu 1.00 untuk aspek materi dan 0.95 untuk aspek media mengindikasikan kelayakannya sebagai media pembelajaran. Hasil uji coba menunjukkan bahwa 75.2% siswa setuju bahwa cerita dalam komik dapat memudahkan mereka dalam memahami aplikasi dari konsep yang telah dipelajari sebelumnya. Hasil implementasi media pembelajaran menunjukkan efektivitas yang signifikan dalam meningkatkan literasi kimia dan SC siswa pada materi atom dan keperiodikan unsur melalui implementasi model pembelajaran KAPRA (Kaitkan Alami Pikirkan Rundingkan dan Aplikasikan). Penelitian ini menggunakan desain kuasi eksperimental yang melibatkan tiga kelompok kelas yaitu kelompok eksperimen 1 yang memperoleh pembelajaran dengan AR-comics serta model KAPRA kelompok eksperimen 2 yang memperoleh pembelajaran menggunakan model KAPRA tanpa media dan kelompok kontrol yang menjalani pembelajaran konvensional. Instrumen penelitian telah divalidasi dan dilakukan uji coba dengan reliabilitas tinggi mencakup tes literasi kimia yang terdiri dari 18 soal pilihan ganda (r 0.833) dan 3 soal esai (r 0.817) serta 27 butir kuesioner sustainability consciousness berbentuk skala Likert (r 0.865). Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelompok eksperimen 1 menunjukkan peningkatan lebih tinggi dalam literasi kimia dan sustainability consciousness dibandingkan dua kelompok lainnya berdasarkan nilai N-gain yang diperoleh. Uji parametrik menunjukkan bahwa terdapat perbedaan signifikan terhadap skor literasi kimia dan SC diantara ketiga kelompok dengan nilai signifikansi 0 000 (p lt 0 05). Analisis data juga memperoleh nilai effect size mencapai 0.824 pada variabel literasi kimia yang termasuk kategori tinggi dan 0.574 pada variabel SC yang termasuk kategori sedang. Data juga dianalisis uji lanjut menggunakan uji t dan post-hoc yang mengindikasikan bahwa kemampuan literasi kimia dan SC siswa pada kelas eksperimen 1 lebih tinggi daripada kelas eksperimen 2 dan kontrol (p lt 0.05) setelah mengontrol pengaruh pre-test. Sehingga didapatkan urutan skor tertinggi hingga terendah adalah kelas eksperimen 1 gt eksperimen 2 gt kontrol. Pengujian efektifitas media AR-comics dalam pembelajaran teori atom dan sifat keperiodikan unsur terbukti efektif dalam meningkatkan kemampuan literasi kimia serta kesadaran terhadap isu keberlanjutan.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S2 Pendidikan Kimia |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 09 May 2025 04:29 |
Last Modified: | 11 Jun 2025 04:28 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/367801 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |