Strategi sekolah dalam pemberdayaan alumni (studi kasus di SMAK St. Albertus Malang) / Yoseph Martin Wiku - Repositori Universitas Negeri Malang

Strategi sekolah dalam pemberdayaan alumni (studi kasus di SMAK St. Albertus Malang) / Yoseph Martin Wiku

Wiku, Yoseph Martin (2015) Strategi sekolah dalam pemberdayaan alumni (studi kasus di SMAK St. Albertus Malang) / Yoseph Martin Wiku. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Wiku Martin Yoseph. 2015. Strategi Sekolah Dalam Pemberdayaan Alumni (Studi Kasus di SMAK St.Albertus). Skripsi Jurusan Adminsitrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Huda AY S.Pd M.Pd (II) Wildan Zulkarnain M.Pd. Kata Kunci Strategi Sekolah Pemberdayaan Alumni Strategi sekolah untuk memberdayakan alumni merupakan salah satu cara dari SMAK St.Albertus untuk melakukan kerja sama dengan para alumninya strategi tersebut bertujuan untuk mengikat para alumni membuat mereka mempunyai tenaga dan mempunyai rasa memiliki yang kuat terhadap almamaternya sehingga mereka tetap dekat dengan sekolah merasa bahwa mereka di perhatikan oleh sekolah dan selalu membantu untuk memajukan SMAK St.Albertus. Strategi pemberdayaan alumni yang diterapkan di SMAK St.Albertus ini sangatlah unik karena para alumni dari SMAK St.Albertus ini berasal dari berbagai wilayah di Indonesia dan setelah lulus banyak yang kembali ke daerah asalnya dan ada juga yang melanjutkan pendidikan ke luar negeri sehingga untuk membuat mereka tetap dekat dengan sekolah diperlukan strategi-strategi khusus sehingga dapat tetap menjaga hubungan baik dengan semua alumni. Fokus dari penelitian ini yaitu Strategi Sekolah terhadap Pemberdayaan Alumni. Fokus terperinci dari penelitian ini yaitu (1) Profil alumni SMAK St.Albertus (2) Kekuatan dan kelemahan pemberdayaan alumni (3) Peluang dan tantangan dalam pemberdayaan alumni (4) Strategi yang dilakukan sekolah untuk memberdayakan alumni (5) Strategi sekolah untuk mengatasi tantangan dan kelemahan pemberdayaan alumni. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Lokasi penelitian ini terletak di Jalan rayaTalang 1 Kota Malang. Ada pun metode pengumpulan data yang digunakan untuk menjelaskan fokus penelitian yaitu wawancara observasi dan dokumentasi. Keabsahan data diuji dengan (1) perpanjangan pengamatan (2) ketekunan pengamatan (3) triangulasi sumber dan teknik (4) menggunakan bahan referensi (5) pengecekan anggota. Penemuan dari penelitian ini meliputi (1) Profil alumni SMAK St.Albertus dalam profil ini yang ditemukan adalah struktur organisasi DAC (Dempo Alumni Center) dan Hubungan IKESA (Ikatan Keluarga Eks St.Albertus) dengan sekolah. (2) Kekuatan dan kelemahan pemberdayaan alumni. Kekuatan disini berupa faktor yang mendukung kegiatan pemberdayaan alumni sedangkan kelemahan yaitu berupa hal-hal yang dapat menjadi penghambat dari kegiatan pemberdayaan alumni. (3) peluang dan tantangan dalam pemberdayaan alumni peluang dari pemberdayaan alumni yaitu berupa hal-hal yang menjadi peluang yang dapat mendukung kelancaran atau fungsi dari kegiatan pemberdayaan alumni sedangkan tantangan dari pemberdayaan alumni berupa hal-hal yang dapat menghambat kegiatan pemberdayaan alumni. (4) strategi yang dilakukan sekolah untuk memberdayakan alumni yang peneliti temukan dalam penelitian ini yaitu analisis SWOT mengenai strategi pemberdayaan alumni. (5) Strategi sekolah untuk mengatasi tantangan dan kelemahan pemberdayaan alumni yaitu merupakan strategi atau cara yang digunakan sekolah untuk mengatasi tantangan dan kelemahan sehingga kegiatan pemberdayaan alumni ini dapat berjalan dengan lancar. Berdasarkan temuan penelitian ini dapat disimpulkan (1) profil alumni SMAK St.Albertus. Alumni dari SMAK St.Albertus ini berasal dari berbagai wilayah di seluruh indonesia alumni mempunyai DAC dan IKESA yang dapat mempersatukan alumni sehingga alumni dapat menjadi mitra yang baik bagi sekolah untuk mengembangkan sekolah dan dengan adanya alumni yang sukses dalam pekerjaan dapat menarik minat peserta didik baru untuk mendaftar di sekolah. (2) Kelebihan dan kelemahan pemberdayaan alumni. Kegiatan pemberdayaan alumni mempunyai kekuatan yang dapat mendukung kegiatan pemberdayaan alumni di SMAK St.Albertus sedangkan kelemahan dapat menjadi penghambat kegiatan pemberdayaan alumni. (3) Peluang dan tantangan pemberdayaan alumni. Dalam kegiatan pemberdayaan alumni tentunya terdapat peluang yang diperoleh dari kegiatan ini peluang tersebut dapat dimanfaatkan oleh sekolah untuk membantu kegiatan pemberdayaan alumni dan memajukan sekolah sedangkan tantangan dapat menjadi penghambat dalam kelancaran kegiatan pemberdayaan alumni di SMAK St.Albertus ini. (4) Strategi yang dilakukan sekolah untuk memberdayakan alumni. Berbagai macam strategi yang digunakan dalam kegiatan pemberdayaan alumni ini dapat membantu sekolah untuk memajukan sekolah sekolah karena alumni merupakan salah satu komponen yang dapat memajukan sekolah. (5) Strategi yang digunakan oleh sekolah untuk mengatasi kelemahan dan tantangan. Berbagai macam strategi yang digunakan sekolah untuk mengatasi kelemahan dan tantangan harus dilaksanakan dengan baik sehingga kegiatan pemberdayaan alumni dapat dijalankan dengan baik. Berdasarkan temuan dan kesimpulan penelitian maka dapat disarankan (1) Bagi kepala SMAK St. Albertus. dapat memberi masukan bagi kepala sekolah agar dapat lebih memaksimalkan strategi untuk memberdayakan alumni yaitu dengan lebih memaksimalkan fungsi dari DAC (Dempo Alumni Center) dan juga IKESA (Ikatan keluarga Eks St.Albertus) karena dapat mempererat hubungan alumni dengan sekolah dan hal tersebut juga dapat memajukan SMAK St.Albertus. (2) Bagi ketua jurusan administrasi pendidikan Dengan adanya penelitian ini juga dapat memberi masukan bagi ketua Jurusan administrasi pendidikan untuk memberdayakan alumni dari jurusan administrasi pendidikan secara baik salah satunya dengan membuat wadah pemersatu alumni seperti IKESA ataupun DAC sehingga alumni dapat selalu dapat bekerja sama baik salah satunya melakukan promosi jurusan. (3) Dengan adanya penelitian ini dapat memberi masukan kepada mahasiswa Jurusan Administrasi Pendidikan untuk peduli terhadap almamaternya dan juga dapat membentuk ikatan alumni Administrasi Pendidikan sehingga tetap menjaga hubungan baik dengan jurusan. (4) Bagi peneliti lain kajian dalam penelitian ini diharapkan dapat berguna dan dapat dijadikan bahan referensi awal untuk menambah wawasan dan pengetahuan bagi peneliti selanjutnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 26 May 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/3678

Actions (login required)

View Item View Item