Pengembangan media pembelajaran akuntansi berbasis audio-visual dengan menggunakan aplikasi Pinnacle Studio 16 dalam materi tahapan pembuatan laporan keuangan / Rendi Ardika

Ardika, Rendi (2014) Pengembangan media pembelajaran akuntansi berbasis audio-visual dengan menggunakan aplikasi Pinnacle Studio 16 dalam materi tahapan pembuatan laporan keuangan / Rendi Ardika. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Ardika, R. Pengembangan Media Pembelajaran Akuntansi Berbasis Audio-Visual dengan Menggunakan Aplikasi Pinnacle Studio 16 dalam Materi Tahapan Pembuatan Laporan Keuangan, Jurusan S1 Pendidikan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembeimbing (I) Sulastri S.Pd., M.SA., (II) Diana Tien Irafahmi S.Pd., M.Ed. Kata Kunci : Media Pembelajaran, Audio-Visual, Pinnacle Studio 16, Laporan Keuangan     Tuntutan global menuntut dunia pendidikan untuk selalu senantiasa menyesuaikan dengan perkembangan teknologi. Perkembangan teknologi ini meliputi perkembangan dalam hal metode pembelajaran, media pembelajaran dan juga dalam hal evaluasi pembelajaran. Perkembangan media pembelajaranlah yang menjadi sorotan utama perkembangan teknologi dalam pembelajaran. Salah satu yang mendukung perkembangan teknologi dalam bidang media pembelajaran adalah munculnya aplikasi Pinnacle Studio 16. Aplikasi ini dapat digunakan sebagai sarana pengembangan media pembelajaran berbasis audio-visual. Ini bermanfaat untuk membantu guru dalam penyajian materi yang inovatif di depan peserta didik mereka. Penelitian ini bertujuan menghasilkan produk berupa media pembelajaran yang berbentuk video dengan pembuatannya menggunakan software Pinacle Studio 16 pada mata pelajaran akuntansi.      Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang berorientasi pada pengembangan produk. Model pengembangan media pembelajaran akuntansi berbasis audio-visual pada materi tahapan penyusunan laporan keuangan mengacu pada model pengembangan Borg and Gall.      Hasil penelitian ini berupa media pembelajaran berbasis audio-visual pada materi penyusunan laporan keuangan. Media pembelajaran berbasis audio-visual dinyatakan layak berdasarkan uji validitas menurut ahli media dan ahli materi, serta uji kelayakan. Ahli media pembelajaran dengan presentase kelayakan 100%, ahli materi dengan presentase total kelayakan 96,35%. Sedangkan pada uji coba lapangan terbatas diperoleh presentase rata-rata sebesar 86%. Media pembelajaran dengan menggunakan aplikasi Pinnacel Studio 16 ini telah teruji keefektifannya untuk menumbuhkan motivasi/minat belajara peserta didik dengan presentase 83.32%. Selain terlihat dari angket, minat belajar siswa juga dapat dilihat dari perilaku siswa yang lebih aktif apabila pembelajaran dilakukan dengan menggunakan media berbasis audio-visual. Dari hasil uji di atas dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis audio-visual yang dikembangkan layak digunakan sebagai pendukung pembelajaran akuntansi khususnya pada materi tahapan penyusunan laporan keuangan dan efektif untuk menumbuhkan minat belajar peserta didik. Saran untuk penelitian yang selanjutnya yakni sebaiknya penelitian yang dilakukan menggunakan preitest dan post-test guna mendapatkan data yang empiris mengenai peningkatan motivasi belajar siswa, serta mengembangkan media pembelajaran dengan materi akuntansi yang lain.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Akuntansi (AKU) > S1 Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 14 Jul 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/36779

Actions (login required)

View Item View Item