Analisis perbedaan kompetensi representasi siswa sma pada materi termokimia menggunakan Instrumen Tes Thermochemistry Representational Competence (ITTRC) / Ima Rosyida</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis perbedaan kompetensi representasi siswa sma pada materi termokimia menggunakan Instrumen Tes Thermochemistry Representational Competence (ITTRC) / Ima Rosyida</p>

Rosyida, Ima (2025) Analisis perbedaan kompetensi representasi siswa sma pada materi termokimia menggunakan Instrumen Tes Thermochemistry Representational Competence (ITTRC) / Ima Rosyida</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kompetensi representasi merupakan kemampuan yang essensial dalam pembelajaran kimia terutama dalam memahami konsep-konsep abstrak seperti termokimia. Kompetensi representasi kimia mencangkup beberapa aspek kemampuan yaitu kemampuan menafsirkan menerjemahkan menggunakan representasi dan mengintegrasikan representasi dengan konsep kimia. Kompetensi representasi ini diperlukan agar siswa mendapatkan konsep termokimia secara menyeluruh dan mengetahui gambaran konsep kimia secara jelas. Oleh karena itu diperlukan analisis kompetensi representasi kimia pada siswa terhadap materi termokimia. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis perbedaan kompetensi representasi siswa SMA dalam kelima aspek kemampuan pada materi termokimia. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Penelitian dilakukan pada 60 siswa di SMAN 3 Sidoarjo. Instrumen tes yang digunakan dalam penelitian ini adalah Instrumen Tes Thermochemistry Representational Competence (ITTRC) berupa soal pilihan ganda beralasan terbuka yang disusun oleh peneliti. Instrumen ini mencangkup kelima aspek kompetensi representasi yaitu kemampuan dalam menafsirkan menerjemahkan representasi berbeda pada level yang sama dan antar level menggunakan dan menghubungkan representasi dengan konsep kimia. Instrumen tersebut divalidasi oleh validator ahli dan validasi empiris dari data hasil uji coba. Hasil validitas isi menunjukkan persentase rata-rata sebesar 92%. Uji coba empiris menunjukkan daya beda tingkat kesukaran dan reliabilitas dengan r sebesar 0.853 yang memenuhi kriteria. Penelitian ini dilakukan melalui dua analisis yaitu analisis deskriptif dan statistik. Analisis deskriptif dilakukan dengan menghitung persentase setiap aspek kemampuan kompetensi representasi. Analisis statistik dilakukan menggunakan uji Friedman untuk mengetahui perbedaan kelima aspek kompetensi representasi siswa. Hasil analisis kompetensi representasi menunjukkan bahwa 54% siswa masih pada aspek kemampuan menafsirkan representasi. Aspek kemampuan menerjemahkan representasi berbeda antar level menunjukkan aspek terendah dengan persentase 32%. Temuan ini menunjukkan bahwa siswa lebih terampil dalam menafsirkan representasi dibandingkan menggunakan menerjemahkan representasi berbeda dan menghubungkan representasi dengan konsep termokimia. Penelitian ini diharapkan dapat memberi konstribusi bagi guru untuk mengukur kompetensi representasi kimia dan memberikan wawasan untuk perbaikan strategi pembelajaran berbasis representasi khususnya pada materi termokimia.

Item Type: Thesis (Masters)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S2 Pendidikan Kimia
Depositing User: library UM
Date Deposited: 27 Feb 2025 04:29
Last Modified: 09 Sep 2025 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/367754

Actions (login required)

View Item View Item