Lailiyah, Nurul Wahyuni (2025) Pengembangan laboratorium virtual berbasis inkuiri terbimbing untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa pada materi termokimia / Nurul Wahyuni Lailiyah</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Termokimia sering dianggap sebagai materi yang sulit karena bersifat abstrak dan mencakup banyak subtopik. Pembelajaran yang masih didominasi oleh metode pasif terbatasnya kegiatan praktikum serta kurangnya media pembelajaran interaktif turut berkontribusi pada rendahnya motivasi dan hasil belajar siswa. Untuk mengatasi permasalahan ini perlu diterapkan model pembelajaran inkuiri terbimbing yang terintegrasi dengan media laboratorium virtual. Penelitian ini bertujuan menghasilkan laboratorium virtual yang valid layak dan praktis serta efektif dalam meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas XI SMA. Metode penelitian menggunakan model pengembangan ADDIE dan melibatkan kelas kontrol dan eksperimen. Hasil penelitian menunjukkan laboratorium virtual memiliki tingkat validitas yang sangat tinggi dengan rata-rata persentase 89 84% oleh ahli media dan 91 08% oleh ahli materi serta uji keterbacaan mencapai 94 52%. Efektivitas media terhadap motivasi dan hasil belajar terbukti sangat tinggi. Di kelas eksperimen 100% siswa menunjukkan motivasi yang sangat tinggi dibandingkan dengan 61 90% di kelas kontrol. Rata-rata skor N-Gain di kelas eksperimen adalah 0 83 lebih tinggi dibandingkan dengan skor kelas kontrol sebesar 0 76. Tingkat ketuntasan belajar siswa di kelas eksperimen mencapai 95 24% sedangkan di kelas kontrol hanya 80 95%. Nilai rata-rata hasil belajar kelas eksperimen juga lebih tinggi (86 81) dibandingkan kelas kontrol (80 22). Temuan ini menunjukkan bahwa laboratorium virtual yang dikembangkan efektif dalam meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa pada materi termokimia.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S2 Pendidikan Kimia |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 20 May 2025 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2025 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/367745 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |